14 August 2015

by Glenn Kaonang

Mangkir dari Ranah Portable, Astell & Kern Perkenalkan Sistem Audio All-In-One Perdananya

Kalau Anda gemar mengikuti perkembangan perangkat audio, besar kemungkinan Anda mengenal nama Astell & Kern. Buat yang belum tahu, brand ini sangat dikenal akan lini perangkat portable music player-nya yang super-premium. Tidak jarang produk besutan Astell & Kern ini disebut-sebut sebagai iPod-nya para audiophile.

Namun baru-baru ini, Astell & Kern melakukan sesuatu yang berbeda. Mereka melebarkan sayapnya dari ranah portable ke ranah rumahan dengan suatu perangkat audio all-in-one yang tidak kalah premium. Dijuluki AK T1, perangkat ini menggabungkan sederet speaker, amplifier plus konektivitas yang lengkap dengan gaya desain serba logam yang tampak modern.

Wujud AK T1 sangat berbeda dari perangkat audio hi-fi yang biasa Anda jumpai. Bentuknya menyerupai sebuah podium, dengan bagian vertikal yang memanjang yang berisikan enam buah speaker: sepasang tweeter 0,75 inci, sepasang driver midrange 2 inci dan sepasang woofer 6,5 inci.

Keenam speaker tersebut disaluri tenaga oleh sistem amplifierhybrid yang cukup inovatif; amplifier analog untuk sepasang tweeter-nya, dan amplifier digital untuk driver midrange beserta woofer-nya. Kombinasi ini diklaim dapat menghasilkan suara yang seimbang di frekuensi 48 - 22.000 Hz.

Info menarik: LG Rilis Soundbar untuk Temani Curved TV Anda

Meminjam teknologi yang diusung lini portable music player Astell & Kern, AK1 juga dilengkapi dengan sepasang chip DAC (digital-to-analog converter) buatan Cirrus Logic yang memang sudah memegang reputasi tinggi di kalangan audiophile. Berkat chip ini, AK T1 mampu memutar file audio dalam berbagai format, baik lossless 24-bit/192kHz maupun DSD yang kerap dipandang sebagai format terbaik di industri musik digital.

Perihal konektivitas, ada serangkaian port yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber. Anda bisa menancapkan microSD untuk memutar musik secara langsung tanpa menyambungkan perangkat lain, atau dengan memanfaatkan sambungan USB, optical maupun jack 3,5 mm standar.

Untuk mengakomodasi generasi modern, AK T1 juga dibekali dengan teknologi nirkabel. Anda bisa meneruskan musik dari perangkat mobilevia Bluetooth, atau memutar musik yang tersimpan di NAS via Wi-Fi (DLNA) atau Ethernet. Semua ini bisa Anda atur melalui layar sentuh 4 incinya yang memiliki user interface yang rapi dan mudah dipahami.

Lantas berapa harganya? Karena masuk dalam kategori hi-fi, harga Astell & Kern AK T1 pun tidak murah, yakni $3.700 per unitnya. Ia dikabarkan akan segera tersedia di sejumlah dealer terpilih pada akhir bulan Agustus mendatang.

Sumber: Digital Trends.