Categories

Gadget

Mari Belajar Gitar Mudah Dengan Gitar Pintar Jamstik+

Yoga Wisesa - 31 March 2015

Meski tidak semuanya diberkahi kemampuan dalam bermusik, tiap orang pasti menyukai musik. Jauh di lubuk hati manusia, mereka mempunyai hasrat untuk bermain lagu, mungkin sekedar bernyanyi atau melalui instrumen. Sayang sekali, bahkan seruling dan pianika yang dahulu kita miliki tidak banyak membantu. Tapi nasib bisa berubah dengan kehadiran Jamstik+.

Digarap oleh developer Zivix asal Minneapolis, Jamstik+ adalah gitar pintar sekaligus medium pembelajaran musik. Dengannya, Anda ditantang untuk tak sekedar mendengar, tapi turut berpartisipasi. Ia terhubung ke device bergerak semisal iPad, iPhone atau Mac, ditenagai suite aplikasi canggih. Developer-nya berjanji, Jamstik+ memastikan Anda lancar ‘menggenjreng’ gitar dalam hitungan menit.

Jamstik+ mampu merasakan arah datangnya jari bahkan sebelum Anda menyentuh senar. Terdapat rangkaian sensor di fingerboard yang bertugas mendeteksi variasi jari secara akurat sehingga Anda mendapatkan respon instan tanpa jeda antara petikan dan output audio, layaknya gitar tradisional. Bentuknya pun mungil dan ringkas, memastikan Jamstik+ cocok dipakai anak-anak maupun dewasa.

Info menarik: Instrument 1 Menyajikan Gitar, Biola Hingga Piano di Satu Instrumen

Gitar pintar ini terhubung ke gadget Anda via sambungan Bluetooth. Sepasang companion app tersaji gratis, mereka ialah JamTutor dan JamMix. JamMix memungkinkan pengguna untuk langsung bermain dimana semuanya terdengar enak, sedangkan JamTutor dengan sabar mengajarkan Anda melewati serentetan pelajaran musik. Penyuguhan dan interface JamTutor mengingatkan saya pada permainan Guitar Hero.

Jamstik+ 02

Uniknya lagi, Jamstik+ tak cuma sekedar gitar: ia juga bekerja sebagai controller MIDI. Artinya, Jamstik+ bisa mengeluarkan hampir semua jenis suara, termasuk drum, banjo, sample hingga synthesizer. Sangat mungkin bagi kita untuk menciptakan musik dari nol serta mencampur-campur lagu. App pendukung kompatibel ke aplikasi musik lain seperti GarageBand, Loopy, SampleTank dan Ableton.

Perangkat sejenis sebenarnya telah diperkenalkan tahun lalu, dan Jamstik+ merupakan versi terkini dibundel beragam fitur baru. Perbedaan paling besarnya terletak di pickup hexaphonic bermagnet. Bagian lain contohnya senar dan fret dirancang agar menyerupai gitar sungguhan, ia juga mampu menangani string bend dan vibrato.

Jamstik+ dijadwalkan akan mulai didistribusi bulan Juni 2015, syaratnya, Anda memesannya terlebih dulu di situs crowdfundingKickstarter. Ia dijajakan seharga US$ 230. Kampanye penggalangan dana developer cukup sukses, kini Zivix mengumpulkan uang lebih dari empat kali target stretch awal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter