11 March 2016

by Glenn Kaonang

Mari Bereksperimen dengan Musik di Browser Lewat Chrome Music Lab

Pengguna bisa bermain-main dengan suara, irama, melodi dan masih banyak lagi

Sejak diluncurkan di tahun 2009, Chrome Experiments telah menjadi showroom berbagai program interaktif dan artistik yang bisa dinikmati langsung dari sebuah browser. Saat ini sudah ada lebih dari 1.000 proyek yang ditampung Chrome Experiments, baik yang berasal dari tim pengembang Google sendiri maupun pengembang pihak ketiga.

Proyek terbaru Google adalah Chrome Music Lab. Pada dasarnya ini merupakan kumpulan eksperimen menarik yang bisa kita manfaatkan untuk mengeksplorasi dasar-dasar bermusik, dimana kita bisa bermain-main dengan suara, irama, melodi dan masih banyak lagi.

Dijelaskan bahwa semua eksperimen ini diciptakan menggunakan Web Audio API. Mengapa hal ini penting untuk disorot? Karena sifat Web Audio API yang terbuka memungkinkan Google untuk memprogram Chrome Music Lab secara open-source, sehingga pada akhirnya pihak developer luar pun bisa ikut bereksperimen dengannya.

Namun yang sangat menarik dari Chrome Music Lab adalah, Anda sama sekali tidak perlu menguasai tangga nada untuk bisa mengeksplorasi dasar-dasar bermusik. Salah satu eksperimennya memungkinkan Anda untuk membuat komposisi musik sederhana dengan menggambar sejumlah objek.

Tujuan akhir dari Chrome Music Lab adalah memberikan akses yang lebih mudah bagi pengguna untuk mempelajari dasar-dasar bermusik. Semua eksperimen ini bisa diakses langsung dari browser perangkat desktop ataupun mobile tanpa harus mengunduh extension tambahan terlebih dulu.

Kalau Anda punya waktu luang, silakan kunjungi situs Chrome Music Lab dan mulailah bermain-main dengan berbagai eksperimen yang ada di sana.

Sumber: Chrome Blog.