Categories

Game

Mari Bertemu Game Lokal Keren di Indiesche Partij - Popcon Asia 2016

Ada 8 game lokal yang terpilih untuk pameran di ajang Popcon Asia di Jakarta

Wiku Baskoro - 21 July 2016

Setelah menggelar tantangan untuk para game developer lokal dengan inisiatif kolektif Indiesche Partij lewat platform Dicoding, akhirnya terpilih game indie lokal yang akan ikut unjuk gigi di ajang Popcon Asia 2016.

Dikutip dari laman resmi, Indiesche Partij sendiri merupakan gerakan inisiatif kolektof swadaya game developer independen Indonesia yang bekerja sama memberikan ruang bagi karya-karya terbaik untuk hadir di khalayak umum.

Untuk kali ini, Indesche Partif bekerja sama dengan Bekraf dan Dicoding menyeleksi 8 game untuk ikut acara Popcon Asia 2016. Bagi game developer yang terpilih seleksi akan disediakan booth di acara Popcon Asia 2016 serta beberapa fasilitas pendukung lain termasuk poin di platform Dicoding.

Setelah menyeleksi berbagai game mulai dari game mobile, PC dan board game akhirnya teprilih 8 game untuk tampil dan memamerkan serta memperkenalkan game mereka ke masyarakat umum.

Saya sendiri termasuk dari bagian tim kurator untuk memilih dari daftar yang ada untuk melakukan seleksi atas game mana yang bisa lolos dan mendapatkan booth di acara Popcon Asia 2016.  Pengalaman yang cukup seru karena game yang masuk daftar hampir semua menarik untuk diperhatikan.

Ada catatan menarik dari proses kurasi kemarin, menurut saya dibanding tipe game lain, game PC yang masuk kurasi lebih banyak yang seru untuk dimainkan. Saya membayangkan beberapa game ini akan lebih seru jika dimainkan multiplayer di acara pameran seperti Popcon. Bukan berarti game mobile lebih tidak menarik, bisa jadi para game developer mobile harus bekerja ektra untuk membuat game mobile yang lebih seru lagi.

Selain itu, beberapa board game yang masuk proses kurasi juga keren, hadir dengan artwork yang sangat menarik dan beragam tema mulai dari zombie, olahraga sampai masakan. Sayang, untuk saat ini belum ada board game yang lolos.

Seperti yang dikutip dari pengumuman FB Indiesche Partif, delapan game indie yang lolos seleksi adalah:

Game yang lolos Indiesche Partij - Popcon Asia 2016

Dari daftar di atas, hampir semua game saya suka, baik dari sisi konsep, grafis, game play dan peluang untuk menarik pengunjung di acara nanti. Orbiz hadir dengan grafis keren dan cara penyajian area game yang menarik, Rage in Peace adalah tipe game yang akan membuat Anda berteriak, 'What the ?????', yang tampil dengan grafis yang menarik pula dan Bomb Raider yang menghadirkan gameplay klasik dengan tambahan keseruan tersendiri, apalagi membayangkan game ini dimainkan dengan mode multiplayer.Kurator inisiasi Indische Partij kemarin diikuti oleh beberapa orang termasuk praktisi di dunia game danrekan media lain. Menyenangkan tentunya melihat game lokal keren yang lolos seleksi. Semoga bisa menarik banyak gamers di acara Popcon Asia 2016 nanti.Popcon Asia 2016 sendiri akan digelar 12 - 14 Agustus 2016, bertempat di JCC. Selamat bagi game developer yang lolos dan Anda pembaca DS, jangan sampai ketinggalan untuk ikut mencoba berbagai game yang lolos seleksi Indiesche Partij di acara Popcon Asia 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter