Categories

Gadget

Mari Jajal Technical Preview Microsoft Windows 10

Yoga Wisesa - 2 October 2014

Lupakan sejenak tebak-tebakan soal mengapa Microsoft mengenalkan sistem operasi baru mereka dengan nama Windows 10. Bukannya dilakukan besar-besaran, sembari memamerkan fitur dan video keren, fokus Windows 10 adalah pada penyempurnaan platform. Dan bersamaan dengan momentum itu, Anda sudah bisa mengunduh dan mencoba versi preview OS ini.

Sesuai janji Microsoft kemarin dalam presentasi Future of Windows, Technical Preview dari Windows 10 telah tersedia untuk di-download gratis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu daftar (jika belum punya) dan log-in ke akun Microsoft. Silakan kunjungi laman Windows Insider Program, lalu masukkan username dan password (Hotmail, Outlook dan Xbox Live).

Sudah? Sebelum menerbangkan harapan Anda tinggi-tinggi, ada baiknya membaca dulu penjelasan lengkap Microsoft. Sesuai yang mereka tuturkan, Technical Preview merupakan versi 'setengah matang', ditujukan pada para ahli dan penggemar utak-utik PC. Microsoft berjanji untuk membuatnya lebih cepat, lebih baik, dan lebih menyenangkan. Namun ada banyak hal yang perlu kita waspadai.

 

Info menarik: Microsoft Umumkan Sistem Operasi Teranyar Bernama Windows 10

 

Technical Preview dirancang kompatibel dengan periferal dan program di Windows 8.1. Ingat, Anda akan menemui berbagai crash yang bisa merusak bahkan menghapus data, jadi sebaiknya backup seluruh data atau gunakan PC kedua. Mungkin beberapa hardware dan printer tak dapat terbaca, dan sebagian software tidak bisa diinstal, termasuk software keamanan dan anti-virus.

Itu sebabnya masukan dari Anda sangatlah penting, jangan ragu melaporkan segala masalah tersebut dan utarakan opini Anda. Pengetahuan akan komputer juga sangat diperlukan. Setidaknya Anda sudah mengerti bagaimana mengatasi masalah dasar pada PC, cara mem-backup data, mem-format hard drive, menginstal sistem operasi dari nol, atau memasang kembali OS lama.

Bagi pengguna keyboard dan mouse tradisional, Technical Preview mampu menjalankan mayoritas app dan periferal secara normal. Ia juga telah mendukung PC layar sentuh, tapi banyak fungsi yang belum selesai dan masih perlu dipoles. Sekali lagi, Microsoft mewanti-wanti agar tester memberikan respon dan masukan, termasuk menjelaskan pendapat mereka tentang fitur barunya.

Sebelum menginstal Windows 10, perlu diingat bahwa ia akan meng-overwrite OS yang Anda gunakan sekarang. Selain backup, Anda juga bisa menginstalnya di hard disk berbeda agar mudah beralih ke OS lama ketika dibutuhkan. Daftar kebutuhan hardware Technical Preview cukup rendah: prosesor berkecepatan 1GZHz, RAM 1GB (versi 32-bit) atau 2GB (64-bit), dan ruang kosong di hard disk sebesar 16GB.

OS baru tersebut kompatibel dengan Windows 8.1, Windows 8, dan Windows 7; tapi tidak mendukung Windows RT 8.1 dan Windows N.

Sumber: Microsoft.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter