1. Lifestyle

Mari Sambut Wajah Baru NXL, Tim eSport Tersukses di Indonesia

Perjalanan panjang telah ditempuh Richard Permana sejak ia mendirikan NXL sembilan tahun silam. Beragam upaya dan perjuangan Richard dan kawan-kawan lalui demi merealisasikan visi mereka: membuat nama Indonesia harum di kancah industri eSport dunia. Tim NXL adalah salah satu pencetus dan bagian penting dari bangkitnya olahraga elektronik nusantara.

Momentum berjalan kian cepat setelah NXL berhasil membuktikan kemampuan mereka di ajang Asian Cyber Games 2013, di Beijing, China. Dalam laga bergengsi mempertandingkan Counter-Strike: Global Offensive di sana, mereka mampu menyingkirkan para pesaing dari berbagai negara dan merebut posisi podium utama. Berkat NXL, bendera Merah Putih bisa dikibarkan tidak kurang dari tiga kali di panggung kejuaraan dunia.

Setahun lebih setelah TRL berkesempatan untuk mengunjungi 'markas' utama NXL sembari mengintip kehidupan para gamer terbaik se-Asia itu, banyak perombakan terjadi di dalamnya. Generasi pemain baru telah mengantikan beberapa nama lama. NXL juga sudah mengekspansi jangkauan ke game kompetitif yang tak kalah populer, Dota 2, dengan membuat divisi khusus.

Info menarik: Wakili Indonesia di Asia Pasifik, NXL Menangkan Turnamen BenQ CS:GO League 2014

Beberapa hari lalu, Richard menghubungi saya untuk memperkenalkan kembali tim NXL serta memamerkan profile teranyar mereka. Melalui infografis (dapat segera Anda lihat di bawah), NXL memenangkan delapan medali di kejuaraan lokal serta internasional, dan enam di antaranya ialah posisi pertama. Dan tahukah Anda, dalam kompetisi LAN atau local area network, NXL mempunyai rasio kemenangan 100 persen.

Richard 'frgd[ibtJ]' Permana masih bertanggung jawab mengelola dan memimpin tim dengan peran support. Di pertandingan kompetitif, ia telah bermain sebanyak lebih dari 9.000 ronde, menghasilkan 2.303 tembakan tepat di kepala lawan. Nama lama yang turut menemaninya adalah Joshua Vega 'soifong' Tanaka, sama-sama aktif sebagai pendukung.

Lalu selanjutnya ada Albert 'frostmisty' Giovanni, Agung 'Sys' Frianto sang spesialis serbu sekaligus anggota termuda di tim NXL, serta Agil 'roseau' Baskoro Dwi Putra sebagai anggota terbaru menggantikan Jonathan 'hazard' Armanda. Bersama Albert, Agil mengambil tugas backstaber.

Di website resmi mereka, NXL menjelaskan pentingnya kejujuran dan loyalitas. Kerjasama terbentuk dari kehidupan sehari-hari. Tim percaya bahwa karakter tiap anggotanya merupakan nilai esensial. Jika hal tersebut negatif, maka akan mempengaruhi performa baik di dalam maupun di luar permainan. "Sikap merefleksikan kepemimpinan, dan kepemimpinan merefleksikan kerendahan hati," itulah moto NXL.

Info menarik: Gigabyte Setuju Berpartner Bersama NXL Untuk Majukan eSport Indonesia

Bermarkaskan di daerah Puri Indah, Jakarta Barat, mereka berlatih sebanyak tiga hingga lima kali seminggu dan berusaha terus berpartisipasi dalam tiap turnamen yang ada. Di waktu senggang, NXL menjangkau para fans melalui jejaring sosial, menciptakan video live streaming (demo atau tutorial), melangsungkan kompetisi online, hingga mengolah reviewgear serta periferal gaming, dan bercengkrama dengan rekan-rekan media.

"Kesuksesan kami didorong oleh anggota tim dan komitmen mereka demi hasil terbaik - bermain dengan bertanggung jawab, mengeksekusi secara jitu, merebut tiap-tiap kesempatan baru untuk berkembang," tutur mereka. "Kami melibatkan diri dalam setiap aspek industri gaming di Indonesia."

Di divisi Dota 2 ada Angga 'Amz' Julia, Kenny 'Xepher' Deo, Dhierry 'SPACEMAN', Christopher 'Neysa' dan David 'DDw' Hartanto yang menjadi tulang punggungnya. Sebagai sponsor mereka, NXL melakukan kerjasama dengan empat brand besar yaitu Gigabyte, Indomog, BenQ dan Bodypack.

Silakan simak video profile tim NXL di bawah ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again