Categories

Mobile

Mari Ukur Apakah Si Dia Benar-Benar Kawan Sejati Dengan Pplkpr

Yoga Wisesa - 2 February 2015

Penulis Elbert Hubbard pernah mengatakan, kawan sejati adalah orang yang mengetahui Anda sepenuhnya, namun tetap menyukai Anda. Tapi kita mungkin tidak pernah tahu apa isi pikiran orang lain, termasuk teman terdekat. Bahkan mungkin karena mengatasnamakan setia kawan, Anda menjalani hubungan kurang sehat. Tapi bagaimana caranya kita mengukur hal tersebut?

Kabar baik, satu app unik sengaja dibuat untuk menjawab pertanyaan itu. Dua orang developer bernama Lauren McCarthy dan Kyle McDonald mengenalkan Pplkpr (dibaca people keeper). Ia merupakan aplikasi berkemampuan melacak, menganalisa dan membantu Anda mengelola hubungan sosial. Ia merangkum informasi soal siapa saja orang-orang yang membuat kita sedih, tenang, gembira, dan kesal.

Pplkpr memiliki dua bagian penting. Sebuah smartwatch/smartband dibutuhkan untuk memonitor respon fisik dan mental terhadap orang-orang di sekitar Anda. App akan mengetahui seandainya pengguna sedang bersama teman atau ketika merasa emosional, dan meminta Anda memasukkan input spesifik tentang individu tersebut. Tugas Anda selesai, Pplkpr langsung menganalisa dan mencari pola.

Via tampilan di handset, Pplkpr menyuguhkan rincian mengenai siapa saja yang paling mempengaruhi hidup, serta melakukan pengelolaan secara otomatis: mengundang kawan untuk berkumpul, kapan saatnya mengirim pesan, serta memblokir 'pengaruh-pengaruh' negatif dari orang tertentu. Kemudian kita juga disajikan info detail daftar kategori individu menenangkan, menyenangkan, menggelisahkan hingga membosankan.

 

Info menarik: 4 Aplikasi Android Untuk yang Sedang Patah Hati

 

Bagaimana Pplkpr melakukannya? App memanfaatkan perpaduan GPS di wristband dan perhitungan metric kompleks bernama 'heart rate variability', tugasnya ialah menghitung ritme jantung demi menentukan tingkat emosi Anda. Data tersebut berhubungan erat ke interaksi Anda dengan orang lain. Meski bisa membaca level emosi, Anda tetap harus mengidentifikasi persaan itu.

Dalam merampungkan proyek mereka, McDonald dan McCarthy baru-baru ini menguji Pplkpr ke sejumlah siswa di Carnegie Mellon University. Mungkin Anda khawatir data (dalam hal ini perasaan) bisa bocor atau diketahui orang. Jangan cemas, data tersimpan offline di smartphone, jadi cuma Anda yang dapat mengaksesnya.

Aplikasi telah diuji secara intensif bersama smartband Mio, tapi developer-nya menjelaskan bahwa ia kompatibel ke device-device berkemampuan mengirim detak jantung dengan konektivitas Bluetooth LE lain (Polar H7 chest band, Zephyr HxM). Pplkpr rencananya akan tersedia di Android nanti, namun untuk sekarang baru tersedia gratis di Apple store.

Sumber: Pplkpr.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter