Categories

Misc

Mark Zuckerberg Ternyata Fasih Berbahasa Mandarin

Oki Rosgani - 23 October 2014

Setelah mengadakan lawatan ke Indonesia, CEO Facebook, Mark Zuckerberg melanjutkan kunjungannya ke Tiongkok, pada hari Rabu tanggal 22 Oktober 2014 kemarin Mark berada di Tiongkok dan mengadakan kunjungan ke Tsinghua University di Beijing.

Menariknya, Mark Zuckerberg ternyata sangat fasih berbahasa Mandarin, tidak hanya mampu menyapa dalam bahasa Mandarin, Mark juga menanggapi semua pertanyaan dengan penuh canda dan guyonan yang dibawakan dalam bahasa Mandarin, menggambarkan bahwa orang nomor satu di Facebook ini benar-benar sangat memahami bahasa Mandarin.

Seperti kunjungan yang dilakukannya ke Indonesia beberapa waktu lalu, kunjungan ke Tiongkok ini juga merupakan salah satu misinya dalam melanjutkan kampanye perluasan penggunaan internet secara global melalui organisasi yang diprakarsainya yakni Internet.org.

Dalam kunjungannya di Tiongkok, Mark juga menceritakan secara singkat mengenai awal mula berdirinya Facebook, situs jejaring sosial yang dikembangkannya yang kini telah membawanya sebagai orang terkaya ke-11 di dunia versi Forbes 400 secara keseluruhan.

 

Info menarik: Axent Wear, Headphone Dengan Speaker Berbentuk Kuping Kucing

 

Ternyata, sejak tahun 2010 lalu Mark Zuckerberg memang telah mempelajari Bahasa Mandarin, dimana dia menyebutkan bahwa Tiongkok memiliki budaya dan kultur yang menarik baginya sehingga mempelajari bahasa Mandarin bisa lebih memahami kultur Tiongkok secara mendalam.

Terlebih saat ini Mark juga telah menikahi Priscillia Chan yang merupakan seorang perempuan keturunan Tiongkok. Mark juga berharap bisa berbincang dengan keluarga istrinya, yang beberapa diantaranya hanya bisa berbahasa Mandarin.

Kunjungan Mark ke Tiongkok menjadi menarik, karena seperti kita tahu bahwa sejak tahun 2009 lalu, pemerintah Tiongkok telah melarang warganya untuk menggunakan Facebook karena menganggap keberadaan situs jejaring sosial ini berpotensi untuk mengganggu stabilitas politik di negara tersebut.

Selain Facebook, Tiongkok juga melarang warganya untuk menggunakan Twitter. Namun pada tahun 2013 lalu, pemerintah Tiongkok telah mencabut larangan tersebut untuk wilayah Shanghai, mengingat wilayah ini telah menjadi zona perdagangan bebas.

Berikut adalah video yang diunggah Mark Zuckerberg di Facebooknya, saat dirinya melakukan sesi tanya jawab di Tsinghua University School of Economics and Management:

Sumber: Mashable | Gambar Header: Mark Zuckerberg via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter