Marketplace les privat Ruangguru mengumumkan perolehan seed funding dari East Ventures dengan jumlah investasi yang tidak disebutkan. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan platform online, mencapai target pasar, dan meningkatkan layanan di sejumlah kota besar di Indonesia. Ruangguru adalah portofolio startup pertama East Ventures yang bergerak di bidang edukasi di Asia Tenggara.

Ruangguru merupakan online marketplace yang menghubungkan guru les privat dan murid di Indonesia. Subyek yang ditawarkan di layanan ini bervariasi, mulai dari persiapan tes terstandarisasi (seperti TOEFL), pembelajaran bahasa, pembelajaran alat musik, pembelajaran kegiatan olahraga, hingga pembelajaran komputer. Semua guru yang terdaftar di Ruangguru diklaim sudah di-review dan diverifikasi.

Saat ini Ruangguru memiliki lebih dari 1000 guru yang terdaftar, termasuk sejumlah orang yang berprestasi, seperti pemenang olimpiade sains, musisi top, dan mahasiswa yang telah memperoleh penghargaan. Model bisnis Ruangguru adalah mengambil fee 20% dari nilai transaksi berdasarkan jumlah jam yang terdaftar di dalam platform sebagai komponen penting untuk sistem rating yang diterapkan terhadap guru. Sistem rating ini juga diterapkan untuk mengurangi potensi terjadinya transaksi di luar sistem (back door transaction).

Ruangguru sendiri didirikan oleh Adamas Belva dan Iman Usman di bulan April 2014. Belva pernah bekerja di Goldman Sachs Singapura, McKinsey Jakarta, dan UKP4, sedangkan Iman pernah bekerja di bidang kepemimpinan dan manajemen non-profit di Jakarta dan New York. Belva memiliki gelar MBA dari Stanford dan MPA dari Harvard, sementara Iman memiliki gelar Master Pengembangan Pendidikan dari Columbia University.

Tentang pendanaan ini, para pendiri Ruangguru dalam rilis persnya mengatakan, “Kami secara pribadi tertarik tentang pendidikan dan percaya bahwa teknologi dapat menjadi alat untuk mendorong tujuan pendidikan kita ke depan. Kami termotivasi melihat keberhasilan murid-murid kami dan guru-guru yang telah mendapatkan penghasilan tambahan melalui platform kami. Tujuan utama kami adalah untuk menjadi wadah yang memungkinkan setiap orang untuk belajar apapun dari siapapun di Asia Tenggara.”

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca terkait portofolio perdananya di segmen edukasi di Asia Tenggara menyebutkan, “Potensi pasar pendidikan di Indonesia sangat besar. Berdasarkan statistik terbaru oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, ada 50 juta siswa, 3 juta guru, dan 200.000 sekolah di Indonesia saat ini. Ruangguru mendapatkan keuntungan dari potensi ini dan dapat melengkapi apa yang tidak dapat dipenuhi oleh pendidikan formal. Kami merasa terhormat untuk dapat membantu mereka dalam perjalanan ini.”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.