Categories

Berita

Marketplace Otenta Hadir Mengusung Produk UKM Binaan Terkurasi

Sudah menghimpun 3 ribu SKU dari 120 merek lokal dan bermitra dengan tujuh perusahaan

Marsya Nabila - 16 August 2017

Marketplace khusus menjual produk UKM terkurasi Otenta lakukan peresmian pada hari ini, Selasa (15/8). Hadirnya Otenta diharapkan menjadi wadah bagi pengusaha lokal untuk memasarkan produknya lewat platform online.

"Otenta ingin mengenalkan keragaman produk lokal kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka terhadap produk lokal yang berkualitas. [..] Otenta diharapkan dapat menjadi platform e-commerce yang terdepan dalam memperluas eksistensi produk Indonesia di negeri sendiri maupun mancanegara," kata Founder Otenta Anton Liu.

Diklaim saat ini Otenta telah menghimpun sekitar 120 merek asli Indonesia dengan total 3 ribu SKU, sekitar 60% di antaranya berasal dari produk UKM. Seluruh UKM yang tergabung dalam platform Otenta merupakan mitra Bank BTN dan BTPN.

Menurut Anton, tidak semua UKM binaan dapat langsung tergabung dengan platform Otenta. Sebelum bergabung, harus menempuh proses kurasi terlebih dahulu oleh tim Otenta yang bergerak di bidang fesyen, desain, kuliner, dan kuliner demi memastikan produk yang dihadirkan itu berkualitas.

Anton melanjutkan, sebagai marketplace yang mengusung aspek sharing economy, Otenta berusaha untuk memberikan nilai tambah dengan membuka jalur pemasaran offline, lewat kolaborasi antara UKM dengan mitra Otenta. Salah satu bentuknya yakni menghadirkan produk UKM di Otenta sebagai bagian dari penjualan barang cinderamata inflight di Sriwijaya Air.

Selain Sriwijaya Air, mitra Otenta lainnya adalah Apotek Roxy, Indonesia Flight, Eye Soccer, Panorama Tours, White Horse Group, dan Sriwijaya Air.

Rencana Otenta

Anton mengungkapkan pihaknya baru-baru ini menerima pendanaan tahap awal dari angel investor dengan nilai yang tidak disebutkan. Dana yang didapat akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi Otenta yang rencananya akan diluncurkan pada pada Maret 2018 untuk versi Android, sedangkan untuk iOS pada tiga bulan kemudian.

Pada akhir 2018, pihaknya memproyeksikan dapat meraih pendanaan dari modal ventura untuk penguatan bisnis. Sementara ini, Otenta baru bisa diakses via situs desktop dan mobile sejak pertama kali live pada Juni 2017.

"Kami mulai membentuk Otenta sejak Oktober 2017 dan sudah live pada bulan lalu. Kami juga sudah mendapat angel investor pada 7 Agustus lalu, dana yang didapat akan didedikasikan untuk pengembangan produk jadi lebih matang, termasuk meluncurkan aplikasi," pungkas Anton.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter