Categories

Interview

Marketplace Penyedia Berbagai Macam Jasa Asal Perancis StarOfService Hadir Di Indonesia

Tawarkan varian jasa tenaga profesional di seluruh Indonesia

Yenny Yusra - 9 October 2015

Situs mesin pencari di Internet selama ini masih kerap digunakan untuk mendapatkan informasi layanan atau jasa yang dibutuhkan sehari-hari. Sebut saja make-up artist, montir, tukang bangunan, dan masih banyak lagi merupakan layanan jasa yang paling sering dicari oleh konsumen. Meskipun demikian, bisa dibilang belum banyak tempat yang menyediakan informasi lengkap tentang penyediaan jasa seperti ini.

Melihat peluang tersebut, StarOfService hadir menawarkan layanan yang menghubungkan pelanggan dengan jasa profesional seperti jasa katering, tukang listrik, DJ, dermatologist, jasa asisten rumah tangga, pengacara, tukang kayu, fotografer dan lainnya. Tersedia di seluruh Indonesia, saat ini layanan StarOfService bisa diakses melalui situsnya. Dalam waktu dekat versi aplikasi iOS dan Android akan segera diluncurkan.

“Konsep yang umum adalah jika orang yang ingin mencari sebuah jasa biasanya memasukkan kata kunci di mesin pencari kemudian menghubungi satu demi satu penyedia jasa dengan menceritakan kebutuhannya. Hal ini akan memakan waktu dan tenaga yang berulang-ulang,” kata Country Manager StarOfService Indonesia Awan Rimbawan.

Diluncurkan pada November 2013 oleh Lucas Lambertini, Toni Pignant, dan Maël Leclair, StarOfService yang berasal dari Perancis dan saat ini sudah ada di lebih dari 150 negara, menghasilkan omset sebesar 150 juta Euro dengan lebih dari 150,000 jasa profesional bergabung tiap tahunnya.

Menghubungkan penyedia jasa dengan klien

Platform ini diciptakan dengan fokus kepada membantu penyedia jasa untuk bertemu dengan klien yang tepat. Pencarian juga dilakukan terhadap jasa yang berlokasi di sekitar konsumen (nearby). StarOfService akan memverifikasi setiap permintaan yang dibuat oleh pengguna sebelum mengirimkannya ke penyedia jasa.

“Hal ini akan mempermudah klien dalam mencari jasa sekaligus membantu profesional dalam mencari orderan untuk jasanya. Selanjutnya profesional akan mengirimkan penawaran kepada klien dan klien tinggal memilih mana yang paling cocok,” kata Awan.

Dari sekian banyak layanan yang disediakan, ada beberapa kategori yang menjadi favorit dari pengguna, di antaranya adalah katering, wedding organizer, dan guru les privat.

Untuk memilih profesional dengan kualitas terbaik dilakukan juga sistem rekomendasi untuk meminimalisir terjadinya penipuan dari penyedia jasa.

“Penipuan sering terjadi di dunia online karena tidak adanya sejarah transaksi. StarOfService menggunakan sistem review untuk mengetahui kinerja profesional dari sejarah transaksi untuk meminimalisir penipuan. Di samping itu StarOfService juga lebih cenderung kepada jasa yang dekat dengan klien sehingga bisa bertemu langsung,” kata Awan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter