Marketplace Sewa Barang Cumi Raih Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures

Marketplace Sewa Barang Cumi Raih Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures

Memiliki 5 ribu pengguna dan 500 vendor terverifikasi dari Jabodetabek, Surabaya, dan Bali
(Kiri-kanan) Pandu Wirawan (COO), Christian Sugiono (CEO), Yazid Faizin (CMO) / Cumi
(Kiri-kanan) Pandu Wirawan (COO), Christian Sugiono (CEO), Yazid Faizin (CMO) / Cumi

Marketplace sewa barang Cumi (Cuma Minjem) mengumumkan perolehan pendanaan tahap awal dengan nominal tidak disebutkan dari East Ventures. Dana akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan pengguna, merekrut talenta, dan memperluas layanan di seluruh Indonesia.

Co-Founder dan CEO Cumi Christian Sugiono menjelaskan, Cumi hadir untuk menggarap potensi bisnis sharing economy yang nilainya diperkirakan tumbuh dari $15 miliar (sekitar Rp211 triliun) pada 2014 menjadi $235 miliar (sekitar Rp3.312 triliun) pada 2025.

Menurutnya, tren sharing economy telah mengubah kebiasaan generasi saat ini, dipengaruhi oleh media sosial dan akses informasi yang lebih mudah. “Cumi hadir untuk membantu para pengguna tersebut menggunakan berbagai barang tanpa perlu membelinya. Di sisi lain kami buka peluang bagi orang-orang yang telah memiliki barang untuk bisa meraih pendapatan tambahan,” katanya dalam keterangan resmi.

Cumi mengumpulkan para vendor dalam satu platform. Sebelum menyewakan barang, vendor dan penyewa harus diverifikasi identitasnya dengan mengisi nomor telepon, mengonfirmasi rekening bank, dan kartu identitas yang digunakan. Diharapkan metode ini, Cumi dapat menjamin semua barang dan layanan yang disewakan punya kualitas terbaik.

Sejauh ini, Cumi menyewakan barang dari 12 kategori, seperti otomotif, fesyen, wifi portabel, kamera, mainan, buku, perlengkapan kantor, dan perlengkapan elektronik. Totalnya ada 500 vendor terverifikasi yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali. Pengguna terdaftar Cumi diklaim ada 5 ribu orang sejak dirilis resmi pada Mei tahun lalu.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca memberikan alasannya berinvestasi di Cumi. Menurutnya, startup ini ingin membenahi sistem penyewaan barang di Indonesia yang penuh masalah dengan menyediakan platform yang mudah digunakan oleh para vendor dan penyewa barang.

“Dipimpin oleh para founder yang berkualitas, East Ventures percaya bahwa tim ini dapat menjadi juara dan kami siap mendukung mereka dalam mentransformasi bisnis sharing economy tradisional di Indonesia.”

Sebelumnya Cumi telah menerima pendanaan dari empat angel investor, yaitu Danny Oei Wirianto, Antonny Liem, Reino Barack, dan Andrew Darwis dengan nominal yang tidak disebutkan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…