Di Indonesia saat ini banyak bermunculan startup e-commerce yang berkonsep online marketplace. Dengan beragam niche yang ada, persaingan tidak lagi terpusat di marketplace umum, tetapi juga di segmentasi tertentu. Salah satu startup Indonesia yang turut ambil bagian adalah MarketPlays. MarketPlays secara khusus menawarkan produk leather, denim dan urban lifestyle hasil karya kreativitas dalam negeri.

Produk-produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari dompet, tas dan sepatu kulit, cardholder dan berbagai macam produk denim lainnya. Menurut pihak MarketPlays mereka tak hanya ingin menjadi tempat jual beli tetapi juga ingin menawarkan craftsmanship dan nilai seni dari produk leather dan denim yang masih belum disadari oleh banyak orang.

“Semua produk yang ada di MarketPlays telah dikurasi berdasarkan kualitas produk, tampilan dan brand value karena MarketPlays sendiri tidak mau hanya menjadi sebuah tempat jual-beli, namun ingin menawarkan craftmanship dan nilai seni dari produk leather dan denim yang masih belum disadari oleh banyak orang di Indonesia,” terang pihak Marketplays kepada Dailysocial.

MarketPlays hadir secara resmi pada Juni 2015 dan beroperasi dalam versi beta hingga akhir 2015. Pada awal kemunculannya MarketPlays menawarkan beragam produk lifestyle yang lebih general, hingga pada Februari kemarin memutuskan untuk pivot dan mulai fokus pada niche leather, denim dan juga urban style.

Dijalankan oleh beberapa profesional seperti Christina Rusli, Ivan John, dan Rhendie Adelanovandy saat ini status pendanaan MarketPlays masih dari kantong pribadi. Meski demikian sejak pertama kali di luncurkan hingga saat ini MarketPlays telah memiliki lebih dari 100 penjual dengan lebih dari 800 produk yang ditawarkan.

Alasan fokus pada leather dan denim

Ada alasan tersendiri mengapa pada akhirnya MarketPlays resmi “pindah jalur” dengan mengkhususkan diri sebagai marketplace untuk leather dan denim. Menurut pihak MarketPlays ada beberapa detil dari produk leather dan denim seperti tekstur kulit, jahitan tangan, patina dan lainnya yang membuat orang merasa tertarik dan berbagi cerita dengan sesama hingga akhirnya terbentuklah sebuah komunitas.

“Produk kulit dan denim lokal Indonesia sendiri ternyata sangat populer di dalam komunitas, bahkan diminati dan di-feature di media Internasional. Namun berbagai kekurangan di bidang payment dan logistik membuat transaksi kurang efektif,” jelas pihak MarketPlays

Kekurangan itulah yang akhirnya berusaha diselesaikan dengan menghadirkan layanan MarketPlays ini. Untuk monetisasi, Marketplace akan mengambil 10% komisi untuk setiap transaksi yang ada.

Fokus dan target ke depan

Di usia yang belum genap satu tahun ini pihak MarketPlays mengaku masih fokus untuk mengedukasi dan memperkenalkan produk dan brand leather dan denim lokal ke seluruh Indonesia. Selain itu MarketPlays juga memasang target untuk bias menggelar berbagai macam workshop bagi seller dan masyarakat dan bazaar khusus leather, denim dan urban style untuk lebih meningkatkan excitement bagi para pecinta leather dan denim di Indonesia. Pihak MarketPlays juga mengungkapkan keinginannya untuk bisa menjadi destinasi utama bagi mereka yang ingin mencari produk kulit, denim dan urban lifestyle yang original dan berkualitas di Indonesia.