2 October 2017

by Glenn Kaonang

Berbekal Microchip, Kabel HDMI Ini Janjikan Peningkatan Kualitas Grafik pada Game Console

Microchip tersebut bertugas untuk menerapkan teknik anti-aliasing

Kabel HDMI ada yang mahal, ada yang murah. Berdasarkan pengalaman pribadi dan pendapat banyak ahli, kabel HDMI seharga 20 ribuan rupiah dan yang dihargai ratusan ribu – atau bahkan jutaan – tidak menghasilkan kualitas gambar yang berbeda. Yang berbeda mungkin hanyalah durabilitas dari kabel itu sendiri.

Lalu ketika ada perusahaan yang mengklaim kabel HDMI buatannya mampu meningkatkan kualitas grafik game console, wajar apabila sifat skeptis saya kembali muncul. Kendati demikian, kabel bernama Marseille mCable Gaming Edition ini punya satu atribut unik yang tidak dimiliki mayoritas kabel HDMI lain, yaitu sebuah microchip di salah satu ujungnya.

Tidak seperti kabel HDMI lain yang mengklaim peningkatan performa berdasarkan penggunaan material tertentu yang umumnya hanya memberikan efek plasebo belaka, mCable benar-benar berfungsi sesuai klaim pengembangnya berdasarkan pengujian PC Perspective. Rahasianya terletak pada microchip tadi yang bertugas untuk menerapkan teknik anti-aliasing.

Anti-aliasing, bagi yang tidak tahu, kerap ditemukan sebagai salah satu opsi pada menu pengaturan grafik di game PC. Fungsinya adalah untuk memuluskan gambar, terutama di bagian ujung atau tepi yang biasanya kelihatan bergerigi.

Anti-aliasing sendiri ada banyak jenis (FXAA, SMAA, MSAA, TXAA, dll) dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Idealnya, gambar bisa kelihatan lebih mulus tanpa mengurangi terlalu banyak detail, dan skenario ini rupanya dapat dicapai dengan baik oleh mCable.

Marseille menarget para gamer console karena console memang tidak memberikan opsi pengaturan grafik selengkap di PC, dan kapabilitas GPU-nya juga tidak seperkasa deretan kartu grafis desktop besutan Nvidia atau AMD. Dengan mCable, gamer console setidaknya jadi punya cara untuk mengaktifkan anti-aliasing.

Semuanya dilakukan tanpa menimbulkan problem lag. mCable mendukung resolusi 1080p dengan refresh rate maksimum 120 Hz. Kalau pengguna mau, upscaling ke resolusi 4K pun juga dimungkinkan.

Marseille memasarkan mCable Gaming Edition dengan harga mulai $119 - $139, tergantung panjang kabel yang dipilih. Perlu dicatat, microchip tentu saja memerlukan daya untuk bekerja, dan itulah mengapa selain menancap ke port HDMI milik TV, ia juga dilengkapi konektor USB.

Sumber: Ars Technica.