5 March 2021

by Glenn Kaonang

Marshall Luncurkan TWS Pertamanya, Marshall Mode II

Sayangnya tanpa active noise cancellation

Percaya atau tidak, di tahun 2021 ini rupanya masih ada produsen headphone yang belum punya TWS sama sekali. Bukan, yang saya maksud bukan brand kelas audiophile macam Abyss Headphones, melainkan yang masih berada di segmen mainstream, yakni Marshall Headphones (Zound Industries).

Well, setidaknya pernyataan tersebut sudah tidak lagi berlaku per 5 Maret ini. Pasalnya, mereka baru saja memperkenalkan Marshall Mode II, penerus langsung dari Marshall Mode yang dirilis di tahun 2015. Pendahulunya itu memang sudah wireless, tapi masih model lama yang melibatkan seutas kabel pendek untuk menyambungkan earpiece sebelah kiri dan kanannya.

Mode II di sisi lain sudah sepenuhnya menempuh jalur true wireless. Seperti biasa, desainnya banyak terinspirasi oleh gaya khas amplifier-amplifier bikinan Marshall. Kedua earpiece-nya terlihat begitu simpel dengan hanya logo huruf "M" di sisi luarnya, sedangkan charging case-nya memiliki tekstur ala kulit jeruk yang benar-benar khas.

Secara keseluruhan, konstruksi Mode II diklaim tahan air dengan sertifikasi IPX4. Berdasarkan keterangan di situsnya, Mode II tercatat mempunyai dimensi 21 x 22 x 21 mm, dengan bobot di kisaran 9,5 gram. Paket penjualannya mencakup tiga pasang eartip ekstra dengan ukuran yang berbeda-beda (S, M, L, XL).

Masing-masing earpiece-nya dibekali driver tipe dynamic berdiameter 6 mm dengan rentang frekuensi 20 - 20.000 Hz. Memang bukan yang paling besar untuk ukuran TWS, tapi setidaknya pengguna bisa mengubah karakteristik suara yang dihasilkan secara leluasa menggunakan equalizer yang terdapat di aplikasi pendampingnya.

Satu hal yang mungkin terdengar agak mengecewakan adalah absennya fitur ANC alias active noise cancellation. Pun begitu, Mode II masih memiliki mode transparan supaya penggunanya tak perlu melepas perangkat ketika perlu mendengarkan suara di sekitar. Pengoperasiannya sendiri mengandalkan panel sentuh yang tertanam di sisi luar masing-masing earpiece.

Mode II menggunakan Bluetooth 5.1 sebagai konektivitasnya. Dalam sekali pengecasan, baterainya diklaim tahan sampai sekitar 5 jam penggunaan. Charging case-nya di sisi lain mampu mengisi ulang Mode II sampai empat kali berturut-turut (total daya tahan baterai 25 jam).

Di Amerika Serikat, Marshall Mode II rencananya akan dijual mulai 18 Maret 2021 dengan harga $200. Di rentang harga tersebut, ia punya cukup banyak kompetitor dari brand yang tidak kalah besar. Beberapa bahkan juga sudah dilengkapi ANC, seperti misalnya Sennheiser CX-400BT.

Sumber: What Hi-Fi.