Gadget

Unik, Smartwatch Martian mVoice G2 Mengemas Wajah Analog Sekaligus Digital

Bukan segaris layar kecil di tengah-tengah, melainkan panel OLED membulat yang hampir memenuhi wajahnya

Sama seperti jam tangan tradisional, dewasa ini smartwatch juga terbagi dalam dua kategori: digital (Android Wear, Apple Watch, dan lain sebagainya) atau analog alias hybrid macam Nokia (Withings) Steel. Masing-masing tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, tapi Martian Watches menemukan bahwa keduanya bisa dipertemukan ke dalam satu kemasan.

Buah pemikiran mereka adalah Martian mVoice G2. Dibandingkan generasi pertamanya yang hanya memiliki segaris layar kecil di wajahnya, mVoice G2 mengemas satu layar OLED penuh yang membulat. Uniknya, layar monokrom tersebut disamarkan berkat kehadiran lapisan terluar yang merupakan wajah analog, lengkap dengan sepasang jarum jam mekanis.

Layar beresolusi 160 x 160 pixel ini tentu saja berfungsi untuk menampilkan notifikasi ataupun informasi lainnya. Yang cukup menarik, ketika ada notifikasi masuk dan pengguna hendak membacanya, kedua jarum jamnya akan bergerak sendiri ke angka 3 dan 9 supaya tampilan notifikasi tidak terganggu, lalu kembali ke posisi semula sesuai waktu pada saat itu ketika pengguna sudah selesai.

Di luar notifikasi, fitur pintar yang ditawarkan mVoice G2 mencakup memesan Uber, membeli barang dari Amazon, menggantikan tombol shutter kamera smartphone atau mengendalikan sejumlah perangkat smart home yang kompatibel. Pengoperasiannya mengandalkan sebuah digital crown di sisi kanan, yang diapit oleh sepasang tombol lain.

Tombol yang bawah berfungsi sebagai akses cepat ke watch face yang sudah ditetapkan sebelumnya, sedangkan tombol yang atas merupakan salah satu cara untuk memanggil asisten virtual. Bukan hanya satu, tapi tiga asisten sekaligus, yakni Amazon Alexa, Siri dan Google Assistant.

Ya, pengguna mVoice G2 dapat berinteraksi dengan trio asisten virtual tersebut secara langsung karena perangkat sudah dibekali speaker dan mikrofon. Atas alasan yang sama, mVoice G2 juga dapat dipakai untuk menerima panggilan telepon yang masuk ke smartphone yang tersambung via Bluetooth.

Karena menggunakan layar OLED monokrom, mVoice G2 menawarkan daya tahan baterai yang cukup awet, antara 7 - 10 hari dan dua jam waktu bicara. Sebagai jam tangan analog, mVoice G2 malah dapat beroperasi selama 60 hari penuh sebelum perlu diisi ulang.

Saat ini Martian sedang menawarkan mVoice G2 melalui situs crowdfunding Kickstarter dengan harga paling murah $119. Harga retail-nya diestimasikan berada di kisaran $245.

Sumber: Wareable.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter