Master & Dynamic bukanlah merek pertama yang saya ingat saat membahas tentang headphone atau earphone. Namun ketika pembicaraannya sudah menjurus ke aspek build quality dan kesan premium, M&D langsung menjadi salah satu yang pertama saya sebut.

Argumen saya berdasar pada obsesi M&D terhadap material premium – spesifiknya logam dan kulit – serta kepiawaiannya dalam mengolah bahan-bahan itu menjadi produk yang penuh nilai estetika. Singkat cerita, kolaborasinya dengan Leica bukanlah suatu kebetulan.

Master & Dynamic MW07

Filosofi desain itu kembali menjadi acuan M&D dalam merancang true wireless earphone perdananya yang bernama MW07. Untuk segmen ini, M&D melihat ada material yang lebih ideal ketimbang kulit, yaitu asetat, yang biasanya menjadi bahan dari bingkai kacamata berharga mahal. Pada MW07, asetat dibentuk menjadi komponen penutup paling luar yang berwujud balok membusur.

Di baliknya, ada rangka akustik stainless steel yang menjadi rumah bagi driver 10 mm berbahan beryllium. Penggunaan stainless steel masih berlanjut sampai ke tombol pengontrol kecil yang terletak di salah satu sisi cover asetatnya itu tadi. Secara keseluruhan, MW07 tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX4.

Master & Dynamic MW07

Guna menambah kenyamanan sekaligus memastikan earphone tidak mudah terlepas dari telinga, M&D turut menyertakan semacam sirip berbahan silikon yang bisa dilepas-pasang ke masing-masing earpiece. Sirip ini hadir dalam dua ukuran, begitu juga eartip-nya yang tersedia dalam lima variasi ukuran.

Di atas kertas, saya bisa langsung menemukan dua kelemahan MW07: koneksi yang digunakan masih Bluetooth 4.2, belum Bluetooth 5.0, dan baterainya cuma bisa bertahan sampai 3,5 jam. Beruntung charging case-nya (yang lagi-lagi terbuat dari stainless steel) sanggup menyuplai daya ekstra sampai 10,5 jam (3x full charge). Setelahnya, case yang mendukung fitur fast charging ini bisa diisi ulang menggunakan kabel USB-C.

Master & Dynamic MW07

Master & Dynamic MW07 saat ini sudah dipasarkan seharga $299, setara true wireless earphone pertama Sennheiser yang telah menggunakan Bluetooth 5.0. Pun begitu, desain adalah salah satu nilai jual utama MW07, apalagi berkat empat pilihan warna yang tersedia.

Sumber: Master & Dynamic.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.