17 December 2013

by Bambang Winarso

Masuki Tahap Ujicoba, iPhone 5S dan iPhone 5C Segera Hadir di Indonesia?

Penggemar berat iPhone tanah air sepertinya tak lama lagi akan mendapatkan kejutan istimewa. Menurut informasi, salah satu operator tanah air mengklaim sedang melakukan ujicoba terhadap perangkat iPhone bersaudara terbaru Apple, apa lagi kalo bukan iPhone 5s dan iPhone 5c.

Adalah Telkomsel yang membeberkan berita tersebut, melalui Division Head Device Bundling Customization Strategy-nya Arief Pradety kepada Liputan6.

"Kami memang ada ujicoba iPhone 5S dan iPhone 5C untuk tahu kompatibilitasnya di jaringan Telkomsel."

Kendati telah mengkonfirmasi kebenaran ujicoba yang sedang dilakukan, namun Telkomsel belum dapat memastikan kapan dan berapa harga yang akan disisipkan ke perangkat milik Apple tersebut. Khusus perihal harga, Arief mengatakan bahwa iPhone 5S dengan pilihan 16GB kemungkinan akan ditawarkan dengan harga kurang dari Rp 10 juta.

"Kalau sampai Rp 10 juta nantinya psikologis pelanggan langsung males biasanya karena terkesan mahal banget. Tapi masih belum jelas nanti dibanderol berapa karena dolar juga masih turun-naik,"

Namun karena fluktuasi nilai tukar mata uang yang tak menentu Arief belum dapat memastikan berapa tepatnya banderol yang akan dilekatkan. Telkomsel memprediksikan iPhone 5S akan lebih diminati oleh konsumen lokal Indonesia dikarenakan selisih harganya yang tak begitu mencolok dengan iPhone 5C.

Telkomsel sendiri hingga Oktober lalu diketahui memiliki 540 orang pelanggan yang menggunakan iPhone. Menurut mereka, pengguna iPhone cenderung lebih mudah untuk dirangkul dibandingkan pengguna smartphone lain.

Kehadiran iPhone 5S dan iPhone 5C di tanah air pastinya akan membawa warna baru di pentas persaingan ranah smartphone khususnya di relung pasar konsumen kelas atas. Di markasnya sendiri, kedua iPhone bersaudara ini mencatatkan rekor penjualan sebanyak 9 juta unit hanya di minggu pertama peluncuran. Menimbang pangsa pasar tanah air yang cukup potensial namun juga dipenuhi pesaing kuat, mungkinkah kedua perangkat premium ini mampu mengambil spot yang nyaman seperti yang diraih di markas mereka?

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, jika proses ujicoba ini selesai, kedua iPhone akan ditawarkan dalam bentuk bundling bersama layanan Telkomsel.

Sumber berita Tekno/Liputan6.

&