Categories

Gadget

Mattel Bersiap Rilis VR Headset Generasi Keduanya, View-Master Viewer DLX

Usung perbaikan di sisi desain guna menyempurnakan pengalaman pengguna

Glenn Kaonang - 15 February 2016

Dari sekian banyak virtual reality headset berbasis Google Cardboard, Mattel View-Master Viewer bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik. Perangkat seharga $30 ini tak hanya menarik dari segi desain, tetapi juga karena menawarkan pengalaman yang unik lewat sederet konten edukatif yang digarap bersama National Geographic.

Namun tentunya tak ada gading yang tak retak. Reinkarnasi View-Master ini juga punya sejumlah kekurangan walaupun sepele, terutama dari segi desain. Maka dari itu, Mattel pun tengah bersiap untuk meluncurkan VR headset generasi keduanya di bawah nama View-Master Viewer DLX.

Perubahan yang paling menonjol adalah sistem mountingsmartphone-nya. Sebelumnya, perangkat harus mengandalkan adapter terpisah untuk bisa mengakomodasi smartphone yang berukuran kecil seperti iPhone 5. Dalam versi yang baru ini, rancangan mounting-nya telah diperbarui sehingga dapat dipasangi smartphone dalam beragam ukuran tanpa harus mengandalkan adapter terpisah.

Masih seputar desain, Viewer DLX kini mengemas colokan headphone. Sebelumnya, kinerja audio harus mengandalkan speakersmartphone yang posisinya tertutup, sehingga kualitasnya pun menurun drastis. Dengan ini, masalah jelas terselesaikan dan pengguna bebas memanfaatkan headphone atau earphone kesayangannya masing-masing.

Terakhir, Mattel juga memastikan kualitas gambar yang ditampilkan bisa meningkat berkat pemakaian lensa optik baru yang lebih baik. Bagian atas Viewer DLX kini juga dilengkapi kenop agar pengguna yang berkacamata dapat menyesuaikan tampilan dengan preferensinya masing-masing.

Perubahan-perubahan di atas memang tidak terdengar terlalu wah, tapi paling tidak bisa menyempurnakan pengalaman para penggunanya. Menarik juga untuk diperhatikan bahwa versi baru View-Master Viewer ini tetap tak dilengkapi strap untuk diikatkan ke kepala, yang pada dasarnya dapat membuat pengguna lebih nyaman karena tidak perlu memegangi perangkat.

Saya sendiri berasumsi Mattel sengaja melakukannya supaya target pasarnya yang mayoritas anak-anak tidak keenakan dan berlama-lama menggunakan View-Master sampai akhirnya mereka lupa waktu. Bisa juga alasan lainnya adalah untuk mempertahankan sisi orisinil dari View-Master klasik yang sudah melegenda.

Mattel View-Master Viewer DLX rencananya bakal mulai dipasarkan pada musim semi mendatang. Harganya dilaporkan bakal naik sedikit menjadi $40.

Sumber: TechCrunch dan Gizmodo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter