Categories

Interview

Mattreal Bantu Menghitung Bahan Bangunan dan Mencari Praktisi Lapangan

Diharapkan mampu menjadi aplikasi rujukan untuk kegiatan membangun atau merenovasi bangunan

Prayogo Ryza - 1 February 2016

Pernahkah Anda menemukan masalah terkait kebutuhan bahan atau praktisi lapangan ketika sedang membangun atau merenovasi rumah? Mungkin Anda perlu mencoba aplikasi Mattreal. Sebuah aplikasi yang diciptakan untuk membantu segala permasalahan terkait bangunan, mulai dari perhitungan bahan hingga pencarian praktisi lapangan.

Aplikasi ini berangkat dari pengalaman pribadi Co-founder Mattreal Adiwijaya Rachmad ketika sedang melakukan pembangunan sebuah gedung rumah sakit di Surabaya dan renovasi rumah pribadi miliknya. Di pembangunan gedung rumah sakit, ia yang tergabung dengan kontraktor interior, mengalami kendala kesulitan mencari mandor dan tukang.

Sementara dalam kasus renovasi rumah pribadinya, selain kesulitan mencari informasi praktisi lapangan ia juga kesulitan mencari harga pasaran untuk tenaga mereka. Itulah kemudian dia bersama dengan timnya membuat aplikasi Mattreal.

Mattreal sendiri diambil dari kata “material”. Karena material merupakan bahasa umum yang tidak bisa dipatenkan untuk HKI merk, akhirnya ia memilih nama Mattreal. Saat ini Mattreal tercatat sudah memasuki versi 6. Per Januari 2016 Mattreal sendiri sudah mendapatkan angka unduhan sebanyak 18.500 kali dengan pengguna aktif mencapai 1.000 pengguna.

Adiwijaya menjelaskan aplikasi Mattreal pada dasarnya didesain untuk bisa dipakai banyak pihak, seperti mahasiswa jurusan arsitektur, interior, dan teknik sipil, masyarakat yang sedang sedang membangun atau merenovasi rumah, paktisi, dan diharapkan juga bisa membantu negara.

Khusus untuk praktisi, aplikasi Mattreal diharapkan Adiwijaya bisa membantu para praktisi lapangan dalam menghadapi mereka. Para kontraktor yang berasal dari luar negeri tidak perlu khawatir kesusahan mencari tenaga lokal berkat adanya fitur pencarian praktisi lapangan di aplikasi Mattreal.

“Kontraktor dari luar negeri yang mendapat proyek di Indonesia, mudah mencari informasi praktisi lapangan, rate fee praktisi lapangan, merk dan harga produk renovasi-bangun, dan produk interior,” terang Adiwijawa.

Saat ini Mattreal sudah tersedia untuk gawai ber-platfromAndroid maupun iOS. Dengan fitur yang sudah ada seperti perhitungan bahan bangunan dan pencarian praktisi lapangan Mattreal terus berbenah dengan menyiapkan beberapa pengembangan fitur lainnya.

“[Saat ini fokus] Pengembangan [Mattreal adalah] fitur 'Kalkulator Bahan', lebih spesifiknya adalah memunculkan harga praktisi lapangan untuk pekerjaan-pekerjaan. Wilayah Surabaya dulu, pengembangan fitur Contact pada praktisi lapangan, dan pembenahan bug,” papar Adiwijaya.

Lebih lanjut Adiwijaya juga menjelaskan saat ini pihaknya sama sekali belum menjalin kerja sama dengan pihak mana pun. Ia memiliki pandangan, ke depan Mattreal akan bekerja sama dengan toko atau ritel bahan bangunan yang sesuai dengan fitur Kalkulator Bahan yang ada di aplikasi Mattreal. Termasuk juga kerja sama dengan retail furniture / interior product dan pengembang properti.

Ketika ditanya mengenai target yang ingin dicapai aplikasi Mattreal ini, Adiwijaya menjelaskan pihaknya ingin menjadi aplikasi rujukan bagi mereka yang membutuhkan informasi mengenai kebutuhan bahan, rate fee praktisi lapangan, hingga informasi harga bahan material.

Sedang untuk jangka panjang pihaknya juga akan menambahkan layanan lain, seperti marketplace dan tender daring, sehingga aplikasi Mattreal benar-benar menjadi aplikasi wajib untuk kegiatan membangun atau renovasi bangunan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter