Akhirnya pelanggan layanan TV kabel dan Internet First Media bisa menikmati layanan sepakbola Liga Inggris (English Premier League / Barclays Premier League) yang selama ini menjadi hak eksklusif pesaingnya. Meskipun Indovision masih memiliki hak siar eksklusif Liga Inggris melalui televisi untuk musim 2012-2013, pelanggan First Media bisa mengakses tayangan Liga Inggris melalui Internet bertajuk First Media Live yang didukung oleh kanal ESPN player. Liga sepakbola lain yang juga didukung oleh ESPN adalah La Liga Spanyol.

Yang harus dilakukan oleh pelanggan adalah mendaftar FirstID terlebih dahulu. Pengguna umum (bukan pelanggan First Media) bisa juga mendaftar tapi hanya dapat mengakses konten secara terbatas dalam masa ujicoba. Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat membuat FirstID. Pertama adalah memasukkan no akun pelanggan First Media Anda dengan tepat. Kedua adalah memastikan email konfirmasi terkirim ke email yang tercatat untuk pengiriman billing statement setiap bulan. Setelah tautan konfirmasi diklik, kita bebas untuk mengakses akses First Media Live ini.

Selain siaran streaming ESPN, pengguna First Media Live juga memiliki akses streaming ke berbagai stasiun TV nasional. Stasiun TV yang tidak masuk dalam skema ini adalah tiga stasiun TV milik MNC Group (RCTI, MNC TV dan globaltv) dan dua stasiun TV Transcorp (TransTV dan Trans7).

Yang agak “mengecewakan” adalah penggunaan Flash Player untuk layanan First Media Live. Ini bisa menjadi limitasi bagi produk mobile untuk mengakses First Media Live dan memaksa pelanggan untuk menggunakan komputer atau laptopnya. Meskipun demikian, ini adalah bentuk utilisasi yang menarik di mana siaran olahraga bisa ditonton secara langsung tanpa perlu lagi berada di depan TV. Di luar negeri akses ESPN seperti ini sudah cukup lazim, tapi ini baru pertama kalinya diimplementasi di Indonesia.

 

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.