Categories

Berita

Media Muda VICE Hadir di Indonesia untuk Ekspansi Pertamanya di Asia Tenggara

Targetkan kalangan muda di Indonesia yang kini jumlahnya melebihi 62,4 juta jiwa

Randi Eka - 28 October 2016

Pengembang konten global yang fokus untuk kalangan muda VICE resmi mengumumkan akan segera hadir di Indonesia. Tepatnya pada 1 November 2016 mendatang, dan Indonesia menjadi tempat singgahnya pertama di Indonesia. Dengan brandVice Indonesia, media ini akan memfokuskan pada pengembangan konten yang mengangkat talenta baru, seni, serta cerita-cerita tersembunyi yang berbicara mengenai keragaman di negara ini.

Inisiatif media barat untuk membuat basis di Asia Tenggara dan menempatkan timnya di sini bukan pertama kali ini saja, sebelumnya ada Mashable yang dikabarkan telah membentuk tim editorial dan bisnis di sini. Sebelumnya Business Insider juga sempat dikabarkan telah membangun bisnis di Indonesia, hanya saja sampai saat ini belum ada tim lokal yang mengerjakan secara intensif.

Pemilihan basis Indonesia dan target fantastis kalangan muda

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per tahun 2015 jumlah penduduk usia muda di Indonesia mencapai 62,4 juta atau setara 25 persen dari total penduduk. Angka ini menjadi target fantastis untuk diupayakan oleh Vice, terlebih kaum millennials di Indonesia tergolong cukup konsumtif dan mengagumi konten-konten "muda". Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Pelaksana Vice Indonesia Mo Morris.

Dalam sambutannya Morris mengatakan:

"Indonesia merupakan lokasi yang tepat untuk kantor pertama Vice di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara yang menarik dengan kehidupannya yang dinamis. Negara ini memiliki kelas menengah yang tumbuh pesat dan populasi anak muda yang besar, kelompok yang sangat terkait dengan konten-konten kami."

Vice Indonesia akan mengusung dua bahasa dalam konten-kontennya, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

"Vice akan menghadirkan pandangan segar yang mempertanyakan kearifan konvensional, sehingga sajian konten lokal akan lebih mendalam, menegaskan ciri dan gaya khas tulisan-tulisan Vice yang kerap hilang dari pusaran media yang hiruk-pikuk," kata Morris.

Mendongkrak melalui komunitas dan konten populer

Melalui pemberitaannya, Vice sering kali menyajikan bahasan yang cukup tegang, tak sedikit pula yang mengundang kontroversial. Namun nyatanya konten seperti itu yang laris di media sosial, bahasan kritis yang membelah kelompok pro dan kontra. Dalam kedatangannya di Indonesia pun Vice mencoba menggunakan pendekatan yang matang untuk kalangan muda, termasuk dengan melibatkan selebriti ternama untuk membangun komunitas penikmat Vice Indonesia.

Vice akan segera menghadirkan basis bisnis di Indonesia

Kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Medan akan menjadi sasaran utama di awal kehadirannya di Indonesia. VICE yang dikenal memiliki gaya jurnalisme yang mampu bercerita secara mendalam dan berani, mengawali bisnis di Montreal, Canada pada tahun 1994. Dengan pengalamannya berekspansi di lebih dari 25 negara, Vice kini telah membukukan pendanaan total senilai $770 juta.

Persaingan di ranah lokal merebut pangsa pasar kaum muda

Vice Indonesia akan dihadapkan langsung dengan puluhan situs populer yang biasa diakses kalangan muda di Indonesia. Selain memang situs spesifik ala MalesBanget, Hipwee atau KapanLagi, media berbentuk forum seperti Kaskus juga menjadi penantang yang siap berebut trafik kalangan muda pengakses internet. Kuncinya tentang bagaimana mereka menciptakan tren, dan tentu membangun kepercayaan, terlebih apa yang sering disampaikan berupa berita aktual.

Tantangannya bagaimana mereka mampu mengukur kepekatan unsur lokal pada setiap konten yang disajikan. Bagaimanapun karakteristik penikmat konten di Indonesia memiliki standar berbeda dengan negara-negara lain yang pernah menjadi basis Vice.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter