Categories

Gadget

MediaTek MT9638 Diumumkan, Chipset Smart TV 4K dengan Fitur-Fitur AI

Chipset MT9638 hadirkan fitur-fitur inovatif yang didukung AI seperti super resolution dam picture quality

Lukman Azis - 4 March 2021

MediaTek telah mengumumkan chipset MT9638 yang dirancang untuk perangkat smart TV 4K. SoC ini hadir dengan integrasi AI processing unit (APU) berperforma tinggi, beserta sederet fitur baru termasuk super resolution AI, picture quality AI, dan voice assistant AI.

Ditambah dengan fitur kecepatan variable refresh rate (VRR) dan MEMC (motion estimation and motion compensation) sehingga gambar grafik tampak lebih halus. Chipset MT9638 memberikan fitur-fitur premium untuk merancang smart TV 4K yang kompetitif kepada para perancang TV global.

Ketika peralatan rumah tangga pintar menjadi semakin canggih dan beragam, smart TV menjadi pusat baru bagi rumah pintar karena para konsumen memanfaatkan fitur multimedia yang didukung AI untuk mengontrol semua perangkat mereka langsung dari smart TV mereka,” ungkap Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit, MediaTek.

Dengan picture quality AI, chipset ini memungkinkan menampilkan konten secara real-time dan pengenalan adegan, yang secara otomatis menyesuaikan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis, dan pengurangan suara bising untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan. Sementara, kombinasi super resolution AI dan MEMC akan secara cerdas meningkatkan resolusi melalui penggabungan multi-frame untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas pada resolusi asli smart TV.

Lebih lanjut, MediaTek MT9638 mendukung teknologi konektivitas Wi-Fi 6 dan mengemas CPU quad-core Arm Cortex-A55 hingga 1,5GHz dengan GPU Mali-G52. SoC ini mendukung resolusi hingga 4K 60fps dengan dukungan untuk HEVC, VP9, dan konten AV1 terbaru. Selain itu, dukungan tampilan HDR10+ memungkinkan peredupan lokal lampu latar hingga 2.000 zona. Juga hadir dengan dukungan suara Dolby Atmos premium dan DTS Virtual X, antarmuka HDMI 2.1a dan USB 3.0.

MediaTek telah mengirimkan lebih dari dua miliar unit chip TV-nya secara global, mendukung beragam produk dari tingkat pemula hingga kelas unggulan dengan solusi komprehensif yang memenuhi spesifikasi TV global. Rencananya chipset smart TV 4K MT9638 akan menjangkau pasar konsumen pada Q2 2021.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter