Categories

Gadget

MediaTek Umumkan Chipset Helio G85, Fokus Pada Performa Gaming

MediaTek Helio G85 membawa peningkatan teknologi HyperEngine dan GPU Mali-G52 yang kini berjalan pada 1GHz

Lukman Azis - 6 May 2020

Bila dibandingkan dengan Qualcomm, dulu penggunaan chipset MediaTek kerap dianggap remeh. Tetapi itu cerita lama, karena MediaTek berhasil menunjukkan bahwa chipset buatannya sanggup menyuguhkan performa yang powerful dan sangat mengunggulkan kekuatan AI.

Belum lama ini, Xiaomi telah meluncurkan Redmi Note 9 yang didalamnya terdapat chipset MediaTek terbaru bernama Helio G85. Kini MediaTek secara resmi mengungkap lebih banyak mengenai keunggulan SoC tersebut.

MediaTek Helio G85 sendiri merupakan penerus dari Helio G80, SoC ini berfokus pada kemampuan mobile gaming, AI camera, dan konektivitas lebih baik. Konfigurasi CPU yang digunakan memang masih sama, yaitu terdiri dari dua inti Cortex-A75 yang berjalan pada 2.0GHz dan enam inti Cortex-A55 pada 1.8GHz.

MediaTek Helio G85

Salah satu peningkatannya ada pada kemampuan olah grafisnya, di mana GPU Mali-G52 kini berjalan pada 1GHz meningkat dari sebelumnya di 950MHz. Serta, membawa peningkatan pada teknologi HyperEngine untuk meningkatkan performa bermain game di smartphone dengan mengoptimasi hardware dan software.

SoC ini juga memiliki semua fitur dari Helio G80 seperti VoW (voice on wakeup) untuk meminimalkan penggunaan daya. Serta, menjanjikan fitur prediksi intelligent untuk WiFi dan LTE yang dapat beralih antar jaringan hanya dalam waktu 13 ms yang minim lag.

MediaTek telah mengirimkan SoC ini ke pabrikan smartphone. Kemungkinan akan ada lebih banyak smartphone yang dirilis dengan Helio G85 dengan harga sekitar 2-3 jutaan.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter