Categories

Event

Mediatrac Siap Gelar Festival Data For Life 2016

Mediatrac ingin membuka wawasan mengenai potensi big data dalam memajukan kemanusiaan lewat festival Data for Life 2016

Adjie Priambada - 22 July 2016

Big data sudah menjadi pembicaraan hangat dalam industri teknologi selama beberapa tahun belakangan, termasuk di Indonesia. Sebagai salah satu pemainnya di Indonesia, Mediatrac berencana untuk menggelar festival Data For Life 2016 yang akan digelar dari 27-31 Agustus 2016 di Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. Ini adalah langkah strategis dari Mediatrac untuk berkolaborasi dengan berbagai institusi lain dalam membangun ekosistem dan membuka wawasan mengenai potensi big data analytics dan Internet of Things dalam memajukan kehidupan manusia.

Teknologi big data sendiri saat ini mulai dimanfaatkan oleh berbagai sektor bisnis sebagai sarana meningkatkan penghasilan,mengoptimalisasi proses, menggali insight untuk membantu dalam mengambil keputusan, dan masih banyak lagi.

Pun demikian, CEO Mediatrac Regi Wahyu menyebutkan bahwa sebenarnya masih banyak yang belum menyadari bahwa teknologi yang sama juga bisa dimanfaatkan untuk aspek kehidupan sehari-hari. Bahkan sudah ada yang menyentuh, seperti dalam pemanfaatan sistem smart city yang tengah digalakkan pemerintah.

Regi mengatakan, “Perkembangan teknologi big data sangat potensial, tidak hanya untuk bisnis tapi juga untuk meningkatkan kehidupan manusia secara umum. Teknologi baru ini memungkinkan Indonesia untuk bisa bersaing setara dengan negara-negara maju karena mereka juga masih belajar. Oleh karena itu kami tergerak mengajak berbagai pihak untuk membuka wawasan mengenai hal ini agar dapat memanfaatkan potensi big data dalam mendorong kemajuan di negara kita.”

“Yang menarik [dalam perhelatan kali ini] adalah kami coba ambil angle bukan hanya dari sisi teknologi. Ini mungkin pertama kalinya di Indonesia digelar International art and technology festival. Kenapa art? […] Karena ternyata proses menghasilkan karya antara art dan teknologi big data tidak jauh berbeda,” lanjut Regi menjelaskan.

Beberapa pembicara yang akan hadir dan berbagi wawasan adalah Marc Goodman (Pakar Cybersecurity dan Pengarang Buku Future Crimes), Sangeet Choudary (CEO Platform Thinking Labs), Sey Min (Data Visualization Artist), Sunita Kaur (Managing Director Spotify Asia), Julie Freeman (Artist & TED Fellow), Venzha Christiawan (Artist & Founder House of Natural Fiber), dan masih banyak lagi.

Rangkaian acara Data for Life 2016 sendiri akan terdiri dari Data for Life Conference, Sci-Fi Hardware Hackathon, Student Session, SETI Symposium, Technology & Business Workshop, dan Tech –Art Exhibition.

Data for Life merupakan festival big data yang digelar oleh Mediatrac sebagai langkah strategis untuk berkolaborasi dalam membangun ekosistem. Festival ini merupakan kelanjutan dari festival Big Data Week yang sukses di gelar pada tahun 2015 silam. Untuk informasi lebih lengkap dan reservasi tiket, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

_

Disclosure: Dailysocial adalah media partner dari Data for Life 2016

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter