Categories

Gadget

Kabel Ini Akan Backup Data Smartphone Setiap Kali Di-Charge

Prosesnya berjalan otomatis, dan akan sangat bermanfaat ketika hendak berganti smartphone

Glenn Kaonang - 27 January 2016

Backup data merupakan suatu prosedur yang penting dilakukan jika kita tak mau kehilangan data-data penting macam kontak, foto, video, dan lain sebagainya. Caranya sendiri bermacam-macam, bisa lewat komputer, atau bisa juga dengan memanfaatkan layanan cloud.

Namun pada kenyataannya tidak sedikit pengguna yang kehilangan data-data pentingnya karena lupa mem-backup. Kalau memilih jalan cloud, proses backup memang bisa berjalan otomatis, tapi toh cara ini tetap kurang bisa diandalkan apabila koneksi internet sedang lemah.

Lalu apakah tidak ada cara backup secara otomatis tanpa harus mengandalkan cloud maupun koneksi internet? Ada. Salah satunya dengan memakai produk inovatif bernama MEEM Memory Cable ini.

MEEM pada dasarnya merupakan sebuah kabel charger biasa untuk perangkat Android (micro USB) maupun iOS (Lightning). Namun jika dilihat fisiknya, ada bagian yang mengembung di dekat colokan micro USB maupun Lightning-nya. Bagian ini sebenarnya berisi flash storage, bisa berkapasitas 16 atau 32 GB, tergantung pilihan konsumen.

Yang unik dari MEEM adalah cara kerjanya. Saat Anda menancapkan kabel ini ke smartphone untuk pertama kalinya, maka Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi pendamping MEEM. Setelahnya, setiap kali smartphone di-charge menggunakan kabel ini – adaptor-nya bebas – sederet data di perangkat akan di-backup secara otomatis.

Pengguna sama sekali tidak perlu melakukan apa-apa. Pada perangkat Android, data-data yang akan dibuatkan cadangannya mencakup kontak, kalender, pesan teks, foto, video dan musik. Di perangkat iOS, MEEM akan mem-backup kontak, kalender, foto dan video.

MEEM juga sangat bermanfaat ketika pengguna hendak berganti smartphone. Jadi semisal Anda ingin upgrade perangkat dari BlackBerry atau Symbian ke Android, data yang disimpan oleh MEEM bisa diteruskan ke perangkat Android baru sehingga Anda tak perlu menjalani proses migrasi yang rumit.

Secara keseluruhan, MEEM Memory Cable merupakan solusi backup data yang cukup efektif tanpa perlu menggunakan PC atau koneksi internet sama sekali. Konsumen yang tertarik bisa memesannya lewat Kickstarter seharga £40 (± Rp 800 ribu) untuk varian 16 GB atau £56 (± Rp 1,1 juta) untuk varian 32 GB – belum termasuk biaya pengiriman internasional sebesar £10.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter