Categories

Berita

Mega Scale Up Clinic Endeavor Berhasil Kumpulkan Lebih Dari 600 Partisipan Industri Kreatif

Terdiri dari entrepreneur, pemimpin bisnis, investor, dan praktisi yang berkolaborasi dalam sesi speed mentoring dan talk show

Adjie Priambada - 25 March 2016

Gelaran Mega Scale-Up Indonesia keempat yang digelar oleh Endeavor Indonesia telah berhasil mengumpulkan lebih dari 600 entrepreneur muda dan berpengalaman, pemimpin bisnis, investor, praktisi, dan pelaku kunci lainnya. Mereka, 600 partisipan, terlibat dalam sesi speed mentoring, networking, dan juga diskusi mengenai high impact entrepreneur Indonesia. Tujuan dari acara ini adalah untuk mendorong terciptanya ekosistem kewirausahaan yang berdampak luas terhadap masyarakat.

Di negara berkembang seperti Indonesia, pengusaha memang masih menghadapi berbagai tantangan untuk mengakselerasi bisnisnya. Mulai dari role model, rendahnya kepercayaan investor, keterbatasan manajemen yang berkualita, akses pemodalan, dan akses terhadap network. Meski beberapa sudah mulai menurun tingkat kesulitan atau hambatannya, namun beberpa juga dirasa masih sulit.

Melalui ajang Scale-Up yang terdiri dari Gala Dinner, Speed Mentoring, dan Talk show, Endeavor Indonesia ingin membantu pengusaha Indonesia menghadapi tantangan tersebut sehingga dapat mengakselerasi bisnisnya.

Board Chairman Endeavor Indonesia Harun Hajadi mengatakan, “Kami percaya bahwa high impact entrepreneur dapat menciptakan siklus kewirausahaan kondusif yang secara jangka panjang mampu berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Scale-Up Indonesia [ketiga] hadir sebagai wadah untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang lebih kuat dan mendukung lebih banyak lagi high impact entrepreneur.”

Harun juga menjelaskan bahwa high impact entrepreneur adalah visioner yang mampu menghasilkan pemasukan terbesar, menciptakan lapangan pekerjaan bernilai tinggi dan memberikan dampak paling signifkan untuk masyarakat.

Acara Scale-Up Clinic sendiri telah digelar sebanyak tiga kali, namun skalanya tidak sebesar yang keempat ini. Dengan total lebih dari 700 sesi konsultasi dan sekitar 360 jam waktu kumulatif mentoring mencakup 13 topik, Mega Scale-Up Clinic keempat ini juga berhasil dicatatkan ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penyelenggaraan Konsultasi dengan Materi Terbanyak pada Satu Lokasi.

Mayoritas entrepreneur yang mengikuti sesi speed mentoring kali ini adalah startup yang bergerak di bidang teknologi. Sementara para mentor merupakan pemimpin bisnis dan entrepreneur yang berpengalaman dan profesional di berbagai bidang.

Topik yang menjadi fokus mentoring dalam Mega Scale-Up keempat ini terdiri dari Finance, Expanding Southeast, Financial Technology, Government Related, Food & Beverage, Supply Chain, Sales, Marketing & Branding, Fundraising, E-Commerce & Marketplace, Human Resource, Retail, dan Legal.

Dalam sesi Talk Show, topik yang didiskusikan menyoroti pentingnya mentor dalam mengakselerasi bisnis yang sedang dibangun. Selain itu, beberapa tantangan para entrepreneur Indonesia juga menjadi bahasan yang tak ketinggalan, seperti akses modal.

Sebagai informasi, para pendiri Bukalapak dan eFishery sebelumnya berhasil terpilih sebagai wirausahawan muda asal Indonesia yang terbukti menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam Endeavor Entrepreneur International Selection Panel ke-63 di Dubai.

- Disclosure: DailySocial adalah media partner Mega Scale Up Clinic Endeavor 2016

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter