23 January 2015

by Bambang Winarso

MegaChat, Layanan Chat dan Panggilan Video Terenkripsi Karya Kim Dotcom

Masih ingat dengan Kim Dotcom? Sosok yang dikenal anti mainstream ini baru saja merilis sebuah layanan chat dan panggilan video terbaru dengan nama MegaChat. Sedikit berbeda dengan layanan chat lainnya, MegaChat ini berbasis web sehingga pengguna tidak perlu mengunduh dan meng-install software.

Peluncuran MegaChat ini merupakan tindak lanjut dari bocoran-bocoran yang pernah Kim Dotcom rilis melalui akun Twitternya sejak akhir tahun lalu.

Ucapan Kim kini sudah terbukti, MegaChat resmi memulai debut walaupun masih versi beta. Di versi beta ini pun pengguna sudah dapat langsung mencoba layanan yang ditawarkan dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu.

Lalu apa bedanya MegaChat dengan layanan-layanan chat dan panggilan video lainnya. Seperti yang sudah dikatakan di atas, yang pertama MegaChat tidak membutuhkan pemasangan piranti lunak di komputer. Cukup dengan peramban yang biasa digunakan dan mengakses Mega.nz, maka pengguna bisa langsung mengobrol dengan nyaman.

Kedua, isi pesan yang dikirimkan lewat MegaChat sepenuhnya terenkripsi end-to-end sehingga tidak ada pihak ketiga manapun yang dapat mengetahui isinya dan juga file yang menyertai.

Kemudian MegaChat juga menyediakan fitur berbagi folder dimana masing-masing pengguna dapat melakukan kolaborasi dan mengetahui perubahannya secara real-time tanpa dapat dicampuri oleh pihak lain berkat adanya sistem enkripsi tadi.

 

Info Menarik:Siap-Siap Upgrade, DirectX 12 Hanya Berjalan di Windows 10

 

Di peluncuran perdana ini, MegaChat baru menawarkan fitur panggilan video dan audio. Dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Thenextweb, ke depan fitur pengiriman pesan teks dan video conference juga akan ditambahkan ke dalam layanan MegaChat.

Kim Dotcom juga membeberkan bahwa satu jam ada 500 ribu panggilan yang dilakukan melalui layanan MegaChat. Cukup mengesankan untuk ukuran aplikasi pesan yang tak membawa hal-hal besar yang baru.

 

Info Menarik:Samsung Menggabungkan Perangkat Wearable dan Aplikasi Mobile Menjadi Alat Pendeteksi Stroke

 

Jurus-jurus marketing Kim kembali terbukti manjur di peluncuran layanan barunya ini, melalui akun Twitter-nya, ia pun mengatakan dengan lantang bahwa reputasi kemampuan enkripsi Mega - yang merupakan bisnis utamanya - sudah terbukti tangguh dan tidak pernah bobol. Pengguna diminta untuk tidak takut dengan keamanan yang dimiliki oleh MegaChat.

Penasaran seperti apa MegaChat? Langsung saja cicipi dan nilai sendiri, klik tautan ini.

Sumber gambar header @kimdotcom/Twitter.