23 January 2019

by Lukman Azis

Meike Umumkan Lensa Full Frame Budget 50mm F1.7 untuk Canon EOS R dan Nikon Z Series

Meike 50mm F1.7 ini dirancang untuk fotografi portrait dengan harga Rp1,8 jutaan

Bicara mengenai kamera mirrorless, hampir semua berpusat ke "mirrorless full frame". Sony akhirnya mendapat lawan yang sepadan dari Nikon, Canon, dan Panasonic.

Dengan sensor yang berukuran lebih besar, kelebihan kamera mirrorless full frame ialah mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga aktivitas memotret jauh lebih fleksibel. Performanya lebih baik saat mengunakan ISO tinggi di kondisi cahaya yang gelap dibanding kamera bersensor APS-C dan Micro Four Thirds.

Sayangnya, harga kamera full frame masih sangat mahal. Pilihan lensa yang terjangkau juga tidak banyak. Salah satu solusinya kita bisa melirik lensa buatan pihak ketiga, misalnya dari Meike - pabrikan aksesori fotografi asal Hongkong.

Meike telah meluncurkan lensa fix full frame fokus manual dengan harga terjangkau yakni 50mm F/1.7 untuk kamera Canon EOS R, Nikon Z 6, dan Nikon Z 7.

Meike 50mm F1.7 ini dirancang untuk fotografi portrait, mengusung 6 elemen dalam 5 grup, memiliki jarak pemfokusan minimum 0,5m, dilengkapi nanotechnology multi-layer coating, dan berat 310 gram. Harga lensa ini hanya US$139,99 atau sekitar Rp1,8 jutaan.

Sumber: DPreview