7 December 2016

by Yoga Wisesa

Meizu Perkenalkan Smartphone Baru dan Ungkap Fitur-Fitur Flyme OS 6

Engine kecerdasan buatan One Mind yang turut diusung Meizu kabarnya mampu menyesuaikan sistem berdasarkan preferensi user.

Meizu memulai kiprahnya dengan memproduksi MP3 player di tahun 2003. Dan mengikuti tren di masa itu, perusahaan asal Guangdong tersebut turut menyediakan MP4 player. Namun di tahun 2008-lah Meizu melakukan lompatan terbesar, yaitu lewat peluncuran smartphone pertama mereka, M8. Device ini dipuji karena menyajikan performa, audio bermutu, dan harganya yang terjangkau.

Di Indonesia, perjalanan Meizu belakangan samar-samar terdengar. Bulan Agustus 2015, Meizu melangkahkan kakinya secara perdana di pasar lokal lewat M2 Note, namun sudah cukup lama Meizu tidak melakukan event peluncuran, hingga sekarang. Di penghujung 2016 ini, Meizu terlihat bertekad untuk kembali bermanuver di nusantara, ditandai dengan pengenalan tiga handset anyar pada media: MX6, M5 dan M3 Note.

Konsumen kelas menengah dan entry-level tampaknya merupakan target Meizu. M ialah tipe paling terjangkau dari jajaran produk mereka, ditujukan untuk generasi muda. Sedangkan keluarga MX adalah device all-rounded yang menitikberatkan faktor performa. Menariknya, konferensi pers tersebut mengangkat tema ‘Inovasi Melalui Seni dan Keindahan’, di mana Meizu banyak membahas aspek desain dan fitur-fitur OS Flyme 6, tapi tidak bilang bahwa acara ini menandai peluncuran resmi ketiga produk di Indonesia.

Seperti banyak perusahaan smartphone Tiongkok lain, sistem operasi kustom mereka adalah salah satu daya tarik utama pada produk, lalu fungsi mTouch hadir di seluruh perangkat. Dan di sistem operasi versi keenam, sang produsen membubuhkan sederetan kapabilitas anyar, beberapa di antaranya ialah penambahan 200 animasi baru dan penerapan engine kecerdasan buatan One Mind.

Fitur mBack di mTouch adalah upaya Meizu memudahkan navigasi, menggantikan trio tombol menu di smartphone standar, sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari buat menyederhanakan proses log-in. One Mind sendiri sangat menarik. Ia kabarnya mampu menyesuaikan sistem berdasarkan preferensi user, dapat mengetahui app-app apa saja yang paling sering digunakan, lalu memprioritaskannya.

Flyme 6 rencananya akan tersedia di beragam device Meizu, dan bagi para pengguna, Anda dipersilakan berpartisipasi dalam program beta testing global.

Meizu M5

Meizu M5 ialah tipe paling terjangkau di antara ketiga produk, menghidangkan layar HD 2,5D seluas 5,2-inci dipadu filter sinar biru. Mengikuti tren populer saat ini, handset telah memanfaatkan struktur unibody, tubuhnya tersusun dari bahan polikarbonat dan mengusung desain ergonomis dengan bagian ujung membulat. Sensor sidik jari mTouch 2.1 dibuat agar mudah dijangkau jempol, mampu mengenali sidik jari pemiliknya dalam waktu 0,2 detik saja.

Meizu menyematkan chip Mediatek MT6750 dengan prosesor octa-core ARM Cortex A53, RAM 2/3GB, penyimpanan internal 16/32GB, mendukung dua kartu SIM, dan mengandalkan unit baterai 3.070mAh buat jadi pemasok tenaganya. Untuk fungsi fotografi, M5 mempunyai kamera belakang bersensor CMOS 13Mp dengan PDAF dan lensa 5-element ber-aperture f/2.2, dan kamera depan 5Mp f/2.0 plus fitur Beautification.

Meizu M3 Note

Dari sisi penampilan, M3 Note terlihat lebih elegan lagi dari M5. Punggungnya menggunakan bahan aluminium bertekstur halus, dikombinasi dengan panel kaca 2.5D di depan. Layar full-HD seluas 5,5-inci berkepadatan 403ppi ditambah fitur MiraVision 2.0 dimaksudkan buat meningkatkan mutu penyajian game dan video. Lalu demi memastikan pengalaman itu dapat berlangsung lama, Meizu mencantumkan baterai 4.100mAh, berkapasitas 30 persen lebih besar dari varian terdahulu.

Sebagai otaknya, Meizu mengandalkan system-on-chip Mediatek Helio P10 berisi prosesor octa-core ARM Cortex A53 dan GPU Mali T860, RAM 2/3GB, dan flash memory 16/32GB. Spesifikasi kamera tampaknya sama seperti M3 (13Mp, f/2.2, PDAF di belakang; 5Mp, f/2.0 di depan), tetapi M3 Note turut dilengkapi dual flash dan engine TrueBright ISP.

Meizu MX6

Tentu saja, MX6 memiliki rancangan terbaik di antara ketiga handset, diproduksi menggunakan teknik baru. Meski tipis (beketebalan hanya 7,3mm), struktur logam di dalam dirancang seksama supaya pembuangan panasnya maksimal. Hampir seluruh punggungnya terbuat dari logam dengan antena yang terintegrasi. Layar 5,5-inci full-HD di sana juga telah dikonfigurasi agar menyuguhkan output optimal - dengan kontras 1500:1, color gamut NTSC 85 persen dan kecerahan maksimal 500cd/m2.

Kamera merupakan salah satu kapabilitas andalan MX6. Meizu membenamkan sensor 1/2.9-inci Sony Exmore RS IMX386 CMOS 12-megapixel, dipadu lensa 6-element dengan aperture f/2.0, dilengkapi pula oleh algoritma face auto-exposure, dual LED flash dan kecepatan fokus 0,2 detik, juga sanggup merekam video beresolusi 2160p di 30fps. Lalu di depan, ada kamera selfie 5Mp f/2.0.

MX6 memanfaatkan chip Mediatek MT6797 Helio X20, menyimpan prosesor 10-core dan GPU Mali T880, RAM 3/4GB, penyimpanan internal 32GB, dan ditenagai baterai 3.060mAh dengan dukungan fast charging (dapat diisi penuh cukup dalam 75 menit).

Meizu juga mengumumkan bahwa mereka menggandeng PT. Icool International Indonesia sebagai distributor produk-produk baru ini. Dan meskipun belum menginformasikan kapan MX6, M3 Note dan M5 tersedia di Indonesia, Meizu tak segan memberitahu harga masing-masing device di pasar lokal, ini dia:

  • Meizu MX6: Rp 4 juta
  • Meizu M3 Note: Rp 2,3 juta
  • Meizu M5: Rp 2 juta