24 January 2019

by Bambang Winarso

Meizu Perkenalkan Smartphone Tanpa Lubang dan Tombol Fisik Pertamanya

Untuk mengisi ulang baterai, Meizu Zero mengandalkan pengisian nirkabel yang didukung teknologi mCharge

Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah pabrikan smartphone perlahan mulai menanggalkan lubang audio jack 3.5mm. Sehingga sejumlah orang meyakini bahwa suatu saat smartphone benar-benar tak membutuhkan lubang untuk konektivitas, semua serba nirkabel.

Tetapi Meizu membawa konsep tanpa lubang ini ke level yang mungkin agak berlebihan. Diperkenalkan di Tiongkok, Meizu Zero menanggalkan total segala bentuk tombol fisik mulai dari tombol power, volume, atau bahkan tombol home. Meizu juga menghilangkan segala macam lubang sehingga jika diraba, Meizu Zero tak memiliki port dan bahkan tanpa lubang sim-tray.

Dari segi desain, Meizu Zero mengadopsi konsep desain minimalis yang menampilkan layar Super AMOLED seluas 5,99 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2160 piksel). Untuk memberikan kesan manis, ponsel dilapisi pelindung kaca melengkun 2.5D yang sudah jadi fitur standar smartphone modern.

Performa perangkat berada di level flagship di mana Snapdragon 845 berada di balik kemudi dapur pacu bersama grafis Adreno 630. Kemudian untuk bagian pencitraan, ada kamera ganda yang disusun vertikal di tengah panel. Konfigurasi kamera ini terdiri dari sensor 12MP dan sensor telefoto 20MP dengan tambahan flash. Sedangkan di bagian depan ada kamera 20MP yang sudah mendukung fitur face unlock.

Smartphone ini juga tahan debu dan air rating IP68, di mana ia mampu bertahan di dalam air selama 30 menit. Kisi-kisi speaker juga dihilangkan dari tepi bawah, dan perusahaan sebaliknya mengintegrasikan teknologi mSound 2.0, yang mengklaim untuk menggunakan layar ponsel sebagai pengeras suara dan juga lubang suara.

Dan karena tanpa port USB tipe C, maka praktis smartphone mengandalkan pengisian daya nirkabel yang didukung teknologi mCharge untuk mendapatkan pasokan daya secara cepat. Sayang Meizu belum membeberkan harga jual smartphone tanpa lubangnya ini. Tapi Meizu cukup peka melihat perubahan pasar, karena Vivo juga sudah ancang-ancang untuk meluncurkan Apex 2019 yang disebut juga tanpa lubang dan tombol fisik.

Sumber berita GSMArena, Meizu.