13 December 2016

by Bambang Winarso

Mejeng di Toko Online Tiongkok, Peresmian Xiaomi Mi 5c Sudah di Depan Mata?

Xiaomi Mi 5c diyakini mempunyai spesifikasi yang tak kalah gahar dari Xiaomi Mi 5s

Selain varian Mi 5s dan Mi 5s Plus, Xiaomi diyakini masih menyimpan satu varian lagi dari keluarga Mi 5, yang oleh banyak pihak diyakini bakal bernama Mi 5c. Rumor terkait ponsel pintar varian ini bukan kali ini berhembus. Di bulan Oktober lalu bahkan smartphone ini disebut-sebut bakal memboyong prosesor pertama buatan Xiaomi.

Tapi mari lupakan dulu soal itu, karena dalam rumor terbaru tak disinggung sama sekali soal prosesor tersebut. Justru menurut lansiran TheAndroidsoul, ponsel yang sedang kita bicarakan sudah mejeng di situs ecommerce Tiongkok, Tmall. Lebih cepat dari perkiraan, tapi bukan berarti sudah resmi karena hal semacam ini sudah kerap terjadi dan melibatkan beberapa pabrikan.

Menariknya, Xiaomi Mi 5c dalam bocoran ini tergambar mempunyai spesifikasi yang tak kalah gaharnya dengan Mi 5s yang dianggap lebih senior. Perangkat diyakini mengemas prosesor delapan inti dengan kecepatan clock 2.2GHz dan RAM 3GB. Kapasitas memorinya diduga minimal 32GB plus dukungan slot microSD.

Perangkat juga tidak lagi menggunakan balutan plastik, tapi sudah material logam terutama di bingkai, casing dan panel belakang. Material plastik yang masih tersisa terletak di bagian atas dan bawah yang dipertahankan demi menjaga kualitas sinyal.

Sayang rumor tak menyebutkan kapan smartphone yang diyakini masih mengemas Android 6.0.1 Marshmallow ini bakal diresmikan. Tapi jika berkaca pada rumor semacam ini sebelumnya, peresmian perangkat biasanya tak akan lama lagi.

Gambar header ilustrasi Mi 5.