1 December 2014

by Yoga Wisesa

Melalui Lumia 535, Microsoft Sajikan Handset Dual SIM Serba Guna di Harga Terjangkau

Diungkap resmi tanggal 11 November 2014 lalu dengan mengangkat tema '5x5x5', Lumia 535 merupakan handset Microsoft Mobile pertama yang telah menanggalkan brand Nokia. Lumia 535 bukanlah smartphone high-end, tetapi Microsoft tampaknya mempunyai target ambisius karena ia dilepas di pasar terpanas di Indonesia saat ini: lini menengah dan entry-level.

Kurang lebih 20 hari sesudah pengumumannya, Microsoft Lumia 535 akhirnya tiba di Indonesia. Untuk konsumen lokal, kita memperoleh versi dual SIM. Dari presentasi yang mereka lakukan di Jakarta, Microsoft sengaja membenamkan hampir seluruh layanan mereka ke dalam smartphone ini dan menawarkan Lumia 535 di rentang harga terjangkau agar semua orang bisa memanfaatkannya.

Menurut president director Microsoft Devices Indonesia, William Hamilton-Whyte, smartphone ialah perangkat yang tak tergantikan. Bahkan bagi banyak orang, lebih baik mereka melupakan dompet ketimbang handset. Dan berdasarkan penjelasannya, sistem cloud serta fleksibilitas fungsi memegang peranan penting bagi kehidupan sehari-hari khalayak modern.

Microsoft mencoba memamerkan kemampuan Lumia 535 dengan mengajak para undangan menjajal experience booth, masing-masing menyuguhkan fitur andalan berbeda. Microsoft sangat bangga akan fungsi sharing dan editing dokumen-dokumen Word, Excel serta PowerPoint (walau untuk PowerPoint kita tidak bisa membuat dari awal). Anda juga dapat mencatat via OneNote dan mengaksesnya dari manapun.

 

Info menarik: [Review] Nokia Lumia 930

 

Konsep '5x5x5' sendiri maksudnya mengacu pada ukuran sensor 5-megapixel di kamera depan dan belakang, serta layar lima-inci Lumia 535. Microsoft beberapa kali menyebutkan bahwa Lumia 535 sangat mendukung teknik fotografi kegemaran banyak orang, selfie, tak lupa membekalinya dengan aplikasi Lumia Selfie serta jenis lensa wide-angle. Namun sebenarnya spesifikasi kamera ini lebih ditujukan untuk keperluan komunikasi dan bisnis.

Meskipun memang bisa digunakan ber-selfie ramai-ramai, melalui lensa yang lebih lebar, artinya video chat dapat merangkul individu lebih banyak. Bagi beberapa orang sensor 5-megapixel masih kurang mumpuni untuk fotografi, meski sudah mencukupi untuk video chat. Data bisa disimpan di memori internal dan kartu micro SD. Khusus di Indonesia, tiap pengguna diberi penyimpanan cloud hingga 30GB di OneDrive.

Kemudian dengan masuk ke Microsoft Account, Anda dapat mengakses seluruh foto, video, dokumen hingga akun Xbox. Integrasi Microsoft Outlook juga memungkinkan pengguna membuka email saat bepergian. Dukungan Xbox Games tak berarti Lumia 535 mampu menjalankan game-game home console tersebut, tapi setidaknya ia bisa digunakan sebagai controller Xbox 360 (belum kompatibel ke Xbox One) dan melihat achievement.

 

Info menarik: Microsoft Lumia 535 Resmi Diumumkan, Usung Fitur Perangkat Serba 5

 

Hamilton-Whyte menuturkan, "Kita membutuhkan smartphone untuk melakukan aneka ragam aktivitas, contohnya mengirimkan email, membuat presentasi dan dokumen, sampai untuk bersenang-senang serta bersosialisasi melalui aplikasi-aplikasi populer yang telah hadir di Windows Phone." Dan Lumia 535 adalah sebuah komitmen mereka dalam menghadirkan inovasi.

Namun perlu Anda tahu, semua fitur-fitur tersebut dapat ditemukan di device Lumia lain, tak cuma Lumia 535. Tingkat penawaran harga smartphone ini memang sangat menarik, pertanyaannya, apakah konsumen kelas menengah dan entry-level akan mempertimbangkan Lumia 535 dari sisi layanan cloud ketika membelinya? Dan seberapa banyak dari mereka yang telah memanfaatkan cloud secara maksimal?

Microsoft Lumia 535 ditenagai system-on-chip Qualcomm Snapdragon 200, berprosesor quad-core 1,2GHz, RAM 1GB, penyimpanan internal 8GB, serta removable battery 1905mAh dengan talktime hingga 13 jam. Sayang dalam peluncuran ini, Microsoft sama sekali tidak membahas Cortana.

Microsoft Lumia segera tersedia di Indonesia tanggal 12 Desember 2014 nanti, dibanderol seharga Rp 1,7 juta. Telkomsel juga telah menyiapkan paket bundling kartuHalo serta Simpati. Simak artikel ini untuk memperoleh info tentang program pre-order di situs-situs penjualan online.