Gadget

MeLE PCG02U Ialah Stick PC Berbasis Ubuntu Seharga $70

Jauh lebih murah dari Intel Compute Stick maupun Asus Chromebit sekalipun

Bicara soal komputer mini, saya yakin Anda akan langsung teringat dengan Intel Compute Stick. Tapi seandainya Windows 10 bukan OS yang diincar, mungkin perhatian Anda akan tertuju pada Asus Chromebit yang menjalankan Chrome OS. Hmm, Chrome OS, apakah tidak ada alternatif lain? Ada, yaitu Ubuntu.

MeLE, sebuah pabrikan perangkat Android asal Tiongkok, baru-baru ini memperkenalkan sebuah stick PC berbasis Ubuntu. Sama seperti stick PC lain, fungsinya adalah mengubah monitor atau TV menjadi sebuah komputer lewat sambungan HDMI.

Ubuntu sendiri merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Maka dari itu, keunggulan MeLE PCG02U ada pada harganya. Ia dibanderol tidak lebih dari $70, atau dengan kata lain merupakan stick PC yang paling terjangkau sejauh ini.

Namun tentu saja Anda tak bisa mengharapkan spesifikasi yang wah dari perangkat seharga $70. Ia ditenagai prosesor Intel BayTrail Z3735F yang sudah termasuk lawas, RAM 2 GB dan storage internal 32 GB. Port USB-nya pun cuma satu, sehingga salah satu peripheral Anda (keyboard atau mouse) haruslah berbasis Bluetooth seandainya ingin dipakai bersamaan.

Pun begitu, MeLE masih menawarkan dua hal yang tak dimiliki Intel Compute Stick: 1) antena eksternal untuk memperkuat sinyal koneksi Wi-Fi dan 2) port Ethernet untuk menyambungkan kabel LAN.

Hal lain yang disayangkan adalah versi Ubuntu-nya 14.0.4, jauh tertinggal dari yang terbaru, tapi toh pengguna tetap bisa meng-update dengan mudah. Terlepas dari itu, $70 adalah angka yang jarang bisa dijumpai untuk perangkat semacam ini.

Sumber: Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again