28 July 2019

by Wiku Baskoro

Melihat Lebih Dekat OPPO Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition

Hadir dengan desain yang ciamik dan Berca banget.

OPPO secara resmi memperkenalkan seri terbatas OPPO Reno 10x Zoom yang bekerja sama dengan FC Barcelona. Dinamai OPPO Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition perangkat ini hadir secara terbatas untuk bisa dibeli di Indonesia.

Acara sendiri telah dilangsungkan beberapa hari lalu dengan tidak hanya mengajak rekan media dan reviewer gadget tetapi juga para fans Barcelona. Layout acara sendiri cukup kentara nuansa Barcelonanya dengan ruangan yang dihiasi warna khas klub sepakbola asal Spanyol ini yang dinominasi warna merah dan biru.

Pada dasarnya perangkat edisi terbatas ini adalah perangkat seri Reno yang paling tinggi yang dijual di Indonesia, yaitu OPPO Reno 10x Zoom. Spesifikasi di dalamnya sama persis, yang membedakan adalah desain fisik, wallpaper atau UI serta paket penjualan dalam boks.

Dalam rilisnya sendiri, OPPO menjelaskan bahwa perangkat ini hadir dengan mengusun semangat untuk mengkombinasikan teknologi dan seni. Efek gradasi merah tua dan biru khas FC Barcelona hadir dengan menggunakan teknik heat-press, yang diklaim OPPO baru pertama kali diterapkan di industri. Keunikan lain hadir dari logo FV Barcelona di bagian belakang, ada dua logo, yang kecil di bawah menandai keberadaan klin saat ini dan penanda masa depan yang lebih cerah, sedangkan logo ukuran lebih besar (yang terlihat samar) menandakan sejarah panjang FC Barcelona sebagai klub yang disegani.

Sedangkan dari sisi perangkat lunak, ada wallpaper eksklusif dan ikon sepakbola yang didominasi warna merah-biru. Disiapkan pula nada dering khusus lagu kebangsaann FC barcelona dan elemen suara dari stadion.

OPPO sendiri bukan yang pertama kali merilis edisi FC Barcelona, sudah ada beberapa perangkat sebelumnya, karena OPPO telah bekerja sama dengan klub bola ini sejak 2015.

Dikutip dari rilis, OPPO merilis R7 Plus FC Barcelona Edition, yang kemudian diikuti dengan sejumlah produk edisi khusus lainnya, seperti F1 Plus pada 2016, serta F3 dan R11 Plus pada 2017. Di Indonesia, produk edisi FC Barcelona Limited Edition ada di seri F1 Plus dan F3. Untuk data penjualannya, F1 Plus FC Barcelona Edition dipesan lebih dari 3.125 penggemar FC Barcelona saat periode pemesanan, sedangkan F3 FC Barcelona Edition habis terjual dalam kurun waktu kurang dari 12 jam.

Spesifikasi OPPO Reno FC Barcelona Edition

Untuk spesifikasi sendiri, beberapa keunggulan seperti layar panoramic OLED corning gorilla glass 6. Pivot rising camera (kamera depan) dengan sensor 16 Megapixel F/2.0 dan softlight.Hidden fingerprint unlock 2.0. Hi-Res Audio dan Dolby Atmos.

Untuk prosesor adalah flagship Qualcomm Snapdragon 855. RAM 8 GB LPDDR4x, fast charging VOOC 3.0 serta memori internal sebesar 256GB. Lalu layar 6,6 inci, baterai 4.065 mAh. Kamera belakang ada tiga yaitu kamera yang terdiri dari kamera utama 48 Megapixel SONY IMX586 F/1.7, kamera sudut lebar 8 Megapixel F/2.2-120°, dan kamera telefoto dengan pembesaran hybrid 10x zoom menggunakan sensor 13 Megapixel dengan F/3.0. Kamera dilengkapi fitur OIS dan EIS. Fitur OIS juga terdapat pada kamera telefoto Reno 10x Zoom. Rekaman video resolusi 4K 60Fps. Fast charging VOOC 3.0.

Fitur zoom 10x juga bisa dikaitkan dengan penggunaan bagi penggemar sepakbola. Jika Anda telah melihat iklan promosi Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition maka salah satu adegannya adalah memfoto dengan zoom pesepakbola idola Anda. Dari sisi tribun penonton, pengguna bisa melakukan zoom dengan teknologi perangkat Reno untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Pengalaman melihat langsung

Salah satu hal yang saya ingat saat memegang perangkat ini waktu acara peluncuran adalah desainnya tampak keren. Gradasi warna yang dihadirkan, bonus casing yang juga tidak kalah keren, terutama bagi penggemar FC Barcelona. Desain yang ada menurut caya cukup Barca Banget. Meski demikian saya memang bukan fans Barca, hanya beberapa kali menggunakan tim ini di permainan FIFA 19.

Untuk spesifikasi atau tampilan lain memang sama persis dengan Reno 10x Zoom, yang mermang cocok untuk disejajarkan dengan perangkat flagship, meski OPPO mengkategorikan perangkat ini sebagai highend premium. Rasa genggamnya juga sama meski elemen Barca seperti memberi perasaan genggam yang berbeda, terasa lebih keren. Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition ini mengingatkan saya pada varian F11 Avengers Edition. Tampilan desainnya cukup menarik.

Fasilitas lain yang juga memberi pembeda adalah kelengkapan kabel dan charger yang berwarna hitam, Reno 10x Zoom yang biasa berwarna putih. Pembeda lain adalah desain-desain elemen yang semuanya ada efek Barca, termasuk kotak untuk 'paperworks' atau kelengkapan-kelengkapan kertas.

Harga dan penjualan

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia menyebutkan bahwa perangkat ini dijual terbatas alias limited edition, penjualan akan dihentikan jika stok telah dipesan semua. Meski stok jual tidak disebutkan pasti namun ada kemungkinan sebanyak 300 unit. Perangkat ini di Asia Tenggara hanya dijual di Indonesia, karena fans Barca cukup banyak di sini.

Anda yang berminat, perangkat Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition ini bisa dipesan (pre-order) di Blibli.com mulai tanggal 26 - 31 Juli 2019 dengan harga 12.999.000 rupiah. Ada promo cashback menggunakan kartu kredit BRI dan Bukopin dan Anda juga bisa mendapatkan hadian tas OPPO x Barca senilan 1.299.000 rupiah.