Categories

Feature

Melihat Penerapan Big Data dalam Bisnis Travel

Mulai dari meningkatkan pengalaman pengguna sampai perbaikan manajemen

Prayogo Ryza - 8 June 2016

Membicarakan big data dan data tidak bisa terlepas dari penerapannya di berbagai sektor. Salah satu yang paling sering dibahas adalah mengenai peran big data dan analisisnya dalam kaitannya dengan perbaikan dan improvisasi suatu produk atau layanan. Dan kali ini akan dibahas bagaimana big data bisa berperan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, loyalitas pengguna dan mengoptimalkan manajemen dalam sektor layanan travel.

Teknologi telah membuat perubahan yang signifikan bagi industri layanan travel. Mulai dari situs, pencarian, data perbandingan, agregator harga, kurasi dan penawaran online telah menjadi bagian dari industri travel belakangan ini. Perkembangan-perkembangan tersebut bisa satu langkah lebih lanjut andai big data sudah mendapat porsi dan posisi yang pas.

Pemanfaatan data di sektor layanan travel bisa ditempatkan untuk lebih banyak menilai apa dan bagaimana yang pengguna inginkan. Apakah dari segi pembayaran dan chek-in yang mudah atau layanan yang dilengkapi dengan fasilitas penjemputan di bandara untuk layanan yang juga menyediakan fasilitas penginapan atau hotel. Analisis big data di sini berperan untuk mengetahui pola dan memberikan wawasan tentang bagaimana pengelola memberlakukan pelanggannya. Untuk selanjutnya bisa ditindaklanjuti demi peningkatan pengelolaan pengguna.

Masih berkaitan dengan pengalaman pengguna, jika dikelola dengan baik improvisasi dalam layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna juga bisa menimbulkan kesan tersendiri bagi pengguna. Dampaknya akan mempengaruhi loyalitas pengguna. Pengguna akan kembali menggunakan layanan untuk pemesanan berikutnya. Gimmick seperti menghadirkan kupon untuk potongan sesuai dengan hasil analisis juga menjadi cara yang ampuh.

Misalnya dari data di dapat setiap orang yang bepergian di periode tertentu ke kawasan X selalu menghabiskan beberapa malam. Pengelola bisa menambahkan gimmick potongan harga tiket + kamar hotel pada periode tersebut untuk bisa menarik banyak pengguna. Banyak pengguna sama dengan profit bukan?

Dari segi manajemen, analisis big data juga bisa membawa dampak yang positif. Seperti kita ketahui bersama sektor tiket perjalanan dan hotel tergantung pada musim liburan atau lainnya, atau lebih dikenal sebagai musiman. Ketersediaan tiket dan kamar hotel lebih tinggi pada tanggal-tanggal biasa atau reguler. Dengan big data analisis bisa membantu manajemen untuk mengelola dan menawarkan penawaran yang menarik untuk tetap menjaga konsumsi yang sama baik musim liburan atau hari-hari biasa.

--

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter