Categories

Gadget

Meluncur 15 Juli, Ini Segala Sesuatu Tentang OPPO Reno6

OPPO merangkum fitur-fitur unggulan dan spesifikasi lengkap Reno6 yang akan dirilis tanggal 15 Juli

Lukman Azis - 12 July 2021

OPPO akhirnya mengkonfirmasi tanggal peluncuran smartphone Reno6 di Indonesia. Acara virtualnya akan disiarkan langsung di akun media sosial resmi OPPO Indonesia, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter pada 15 Juli 2021 mendatang pukul 19:00 WIB.

Bagi yang sangat penasaran dengan perangkat Reno6, hari ini OPPO kembali merangkum fitur-fitur unggulan dan mengungkap hampir semua detail spesifikasi dari Reno6. Kecuali informasi harga dan penawaran khusus untuk pre-order akan diumumkan pada tanggal 15 Juli nanti.

Mari mulai bahas dari konfigurasi kamera, Reno6 mengusung kamera depan 44MP f/2.4 dan empat unit belakang dengan sensor kamera utama Omnivision beresolusi 64MP f/1.7. Ditemani kamera sekunder dengan lensa ultra wide 8MP f/2.2, sisanya sebatas 2MP f/2.4 untuk mono dan macro.

Hal yang membedakan antara Reno6 dengan Reno5 ialah hadirnya fitur fotografi komputasional baru yakni Bokeh Flare Video Portrait yang memungkinkan menghasilkan rekaman video dengan efek ‘bokeh sinematik’. OPPO menggunakan algoritma AI untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman dengan pratinjau real-time. OPPO juga meningkatkan fitur AI Highlight Video untuk pengambilan video portrait yang jelas di malam hari atau kondisi backlight.

Beralih ke layar, Reno6 mengusung panel AMOLED 6,4 inci FHD+ dalam rasio 20:9 dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Layarnya sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display untuk mengurangi cahaya biru dan mendukung streaming konten HD pada aplikasi Netflix dan Amazon.

Dalam aspek performa, OPPO masih mempertahankan penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang juga dipakai pada Reno4 dan Reno6. Menurut OPPO, chipset tersebut masih mampu mengakomodasi kebutuhan target penggunanya. Selain itu, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa harganya akan sama atau tidak terpaut jauh dari pendahulunya.

Tentu saja, Reno6 yang hadir dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB didukung teknologi Ekspansi RAM. Apabila Reno6 kehabisan ruang RAM yang dapat digunakan, pengguna dapat memilih untuk mengubah sebagian dari penyimpanan internal yang tersedia menjadi RAM virtual dengan penyesuaian tiga tingkat ukuran ekspansi yakni 2GB/3GB/5GB.

Dengan baterai 4.310 mAh dan pengisian daya cepat 50W, Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit saja. Menariknya dengan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan, dengan catatan video tersebut sudah diunduh sebelumnya. Reno6 juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, untuk memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan sampai pengguna menemukan tempat untuk mengisi daya.

Selain itu, Reno6 sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 11.1 terbaru berbasis Android 11 yang membawa sejumlah fitur baru. Sebut saja, O Relax yang berisi serangkaian suara yang menenangkan, serangkaian Artist Wallpaper yang memamerkan keindahan sains, dan Free Screenshot untuk tangkapan layar dalam bentuk kotak, persegi bahkan bentuk bebas.

Fitur pengenalan gerakan Air Gesture juga ditingkatkan, yang memungkinkan pengguna dapat menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi sosial atau aplikasi video populer dan menjawab panggilan tanpa menyentuh smartphone. Juga ada Adaptive Sleep yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau tertidur saat pengguna masih menatap layar dan Anti-peeping for Notifications yang dapat mendeteksi jika ada orang lain mengintip smartphone.

Meski di atas kertas spesifikasi Reno6 tidak berbeda jauh dengan Reno5, namun OPPO menghadirkan fitur baru dan meningkatkan fitur yang ada. Mari kita nantikan kejutan OPPO pada peluncuran Reno6 tiga hari dari sekarang. Saya juga sudah mendapatkan unit review OPPO Reno6 dengan warna Aurora, nantikan juga ulasan lengkapnya di DailySocial Gadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter