Categories

Gadget

Meluncur di Indonesia, Oppo F1s Tawarkan Fitur Khas 'Camera Phone' yang Telah Disempurnakan

Oppo fokus pada peningkatan pengalaman penggunaan serta memperlengkap fitur-fitur 'camera phone'.

Yoga Wisesa - 4 August 2016

Perjalanan camera phone, sebuah konsep yang Oppo perkenalkan di perilisan F1, terbukti sukses. Berdasarkan data IDC per triwulan satu 2016, Oppo saat ini menempati urutan keempat market  share  smartphone global dengan pertumbuhan lebih dari 150 persen. Dan kira-kira empat bulan setelah kehadiran F1 Plus, Oppo sajikan penerus handset 'selfie expert' mereka.

Suwanto, public communication Oppo indonesia.

Dilaksanakan dalam acara peluncuran serentak, Oppo F1s resmi tiba di Indonesia, Vietnam dan India tepat pada tanggal 3 Agustus 2016. Di tanah air sendiri, Oppo sudah menempati urutan ketiga brandsmartphone terpopuler, dan mereka tampaknya tidak mau berpuas diri. F1s digarap sebagai pewaris kiprah F1, di mana Oppo fokus pada peningkatan pengalaman penggunaan serta memperlengkap fitur-fitur camera  phone.

Dari kiri ke kanan: Aryo Medianto, Allina Wen, Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan Suwanto.

Menariknya, penampilan F1s malah hampir identik seperti F1 Plus. Handset mengusung layar 5,5-inci, terdapat tombol sekaligus fingerprintscanner di bawah, dengan tubuh unibody. F1s memiliki tubuh berdimensi 154,5x7,38x76-milimeter dan mempunyai bobot 160-gram. Tapi berbeda dari F1 Plus, display IPS TFT 2.5D berlapis Corning Gorilla Glass 4 di sana hanya beresolusi 1080x720p.

Minimnya pembaruan di sisi desain Oppo coba bayarkan lewat upgrade pada sejumlah kemampuannya. Ambil contohnya fitur Flash Touch Access di pemindai sidik jari. Selain mampu membaca sidik jari dalam waktu 0,22 detik dan membawa Anda masuk ke menu di smartphone, ia juga bisa dipakai buat membuka beberapa aplikasi berbeda tergantung dari jari yang Anda gunakan - termasuk untuk melakukan panggilan.

Fingerprint scanner menyimpan algoritma self-learning buatan Oppo sendiri, membuatnya kian mengenal Anda jika semakin sering digunakan.

Mengangkat tajuk Selfie Expert, sudah pasti fungsi self-portrait menjadi perhatian utama sang produsen. Tak jauh berbeda dari F1 Plus, kamera depan merupakan kamera utama smartphone ini. Di sana Oppo menyematkan sensor 1/3.1-inci 16-megapixel dengan aperture f/2.0. Mereka menjanjikan kapabilitas menangkap cahaya yang lebih ampuh dan hasil selfie alami walaupun dilakukan di kondisi temaram. Layaknya di F1 dan F1 Plus, Oppo kembali mengandalkan screen flash untuk memberikan bantuan pencahayaan. Ia cukup cerah buat selfie tanpa menyebabkan wajah terlihat flat.

Beautify telah lama menjadi elemen penting di fungsi fotografi smartphone Oppo, dan di F1s, mereka memanfaatkan versi keempatnya. Bisa Anda tebak, Beautify 4.0 membuat wajah tampil lebih atraktif tanpa mengorbankan aspek natural. Oppo menyampaikan bahwa agar Beautify 4.0 bekerja optimal, mereka membekalinya dengan data dari jutaan wajah pengguna.

Kamera dilengkapi beragam plug-in dan filter, kemudian ada fitur watermark agar Anda bisa memunculkan informasi waktu ataupun tanggal di foto. Buat menyederhanakan proses seflie, shutter dapat diaktifkan lewat perintah suara atau cukup dengan melambaikan tangan ke arah smartphone.

Oppo juga membanggakan kemampuan Selfie Panorama di sana, mampu mengambil gambar seluas 120 derajat secara portrait. Sayangnya, saya mengalami kesulitan menggunakan Selfie Panorama saat menjajal di experience booth: prosesnya beberapa kali gagal karena gerakan tak disengaja, lalu ketika berhasil, kamera malah memilih momen sewaktu mata saya terpejam.

Kamera belakang Oppo F1s sendiri cukup standar, dibekali sensor 1/3.06-inci 13-megapixel, dengan aperture f/2.2, dijelaskan mampu memaksimalkan sesitivitas cahaya untuk menangani fotografi di malam hari. Proses penjepretan dibantu oleh fitur phase detection autofocus serta LED flash satu warna.

Oppo F1s dipersenjatai system-on-chip Mediatek MT6759 berprosesor octa-core, dengan GPU Mali T869 MP2, RAM sebesar 3GB, flash memory 32GB yang bisa diperluas hingga 128GB via mekanisme triple-slot tray, dan mengambil tenaga dari baterai non-removable 3.075mAh. Device berjalan di UI Color OS 3.0, berbasis Android 5.1. Dibanding versi 2.1, ColorOS 3.0 diklaim memberikan peningkatan kecepatan olah data sebesar 30 persen.

Tak cuma itu, kombinasi antara ColorOS 3.0 dan baterai 3.075mAh kabarnya bisa menghidangkan waktu pemakaian sampai 14 jam. Oh, F1s turut didukung dual slot SIM card 4G.

F1s disiapkan sebagai smartphone andalan Oppo di kelas menengah, dan menakar dari penyajian produk, ia disasarkan buat segmen konsumen berusia muda. Menjawab pertanyaan seorang jurnalis, Oppo mengonfirmasi bahwa F1s sudah diproduksi di Indonesia.

Program pre-order Oppo F1s telah dibuka dan akan berlangsung hingga tanggal 10 Agustus besok. Ada dua cara buat melakukannya: via Oppo Store dan gerai-gerai penjualan resmi lain, atau secara online lewat Blibli.com sebagai partner eksklusif. Oppo F1s dijajakan di harga Rp 3,8 juta, disuguhkan dalam dua pilihan warna, yakni gold dan rosegold. Mereka yang mem-pre-order akan mendapatkan bonus selfie stick selama persediaan masih ada.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter