Categories

Berita

Melung, Desa dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Andi Miftachul - 4 May 2012

Melung, salah satu desa di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mempunyai portal desa sebagai media informasi bagi warganya. Portal yang beralamat di Melung.or.id tersebut merupakan bagian dari gerakan desa membangun, sebuah gerakan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memperkenalkan potensi desa.

Portal Desa Melung, yang dikembangkan Infest Yogyakarta, diluncurkan pada 11 November 2011. Portal ini digunakan untuk berbagi informasi dari dan kepada warga desa serta untuk mempromosikan potensi desa tersebut kepada masyarakat luar. Selain melalui portal, promosi potensi desa tersebut juga dilakukan melalui akun Facebook dan Twitter desa tersebut.

Selain portal desa, desa Melung juga berhasil memanfaatkan teknologi informasi dalam berbagai hal lain untuk kemajuan desanya. Cerita-cerita tentang keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi ini dibagikan melalui portal desa tersebut. Contoh program TIK desa tersebut diantaranya adalah program internet masuk desa, sistem informasi desa (SID) dan SMS center. Melalui program internet masuk desa, warga mampu mengakses berbagai informasi yang sebelumnya susah masuk karena letak desa tersebut yang berada di lereng gunung Slamet. Petani desa Melung misalnya, memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang pertanian organik yang selanjutnya diterapkan dalam pengembangan pertanian organik di desa tersebut.

Yang tak kalah hebatnya, pemerintahan desa Melung juga sedang mengembangkan sistem informasi desa (SID) untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Sistem ini sedang dikembangkan dan dalam tahap pengisian data masyarakat. Dengan SID, pelayanan kepada warga diharapkan bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat karena data masyarakat tersimpan dalam basis data yang mudah dicari dan diakses.

Sedangkan SMS center digunakan untuk menyampaikan informasi dari perangkat desa kepada warga secara cepat. Selain untuk mensosialisasikan kebijakan desa, SMS center juga digunakan untuk imbauan kewaspadaan kepada warga jika terjadi bencana angin puting beliung yang memang sering melanda desa tersebut.

Menurut sebuah artikel Tempo yang juga dimuat dalam portal desa Melung, disebutkan bahwa keberhasilan desa Melung kini juga akan ditiru oleh desa lain di kabupaten Banyumas. Tidak hanya di Banyumas, pemerintah desa lain juga sepertinya harus meniru inovasi yang dilakukan oleh pemerintah desa Melung ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter