Categories

Listicles

Memahami Apa itu E-commerce dan Perkembangannya di Indonesia

Simak penjelasan mengenai e-commerce dan perkembangannya di Indonesia

Asti - 24 July 2021

Era digital membuat kita semakin dekat dengan internet, segala jenis kegiatan dapat kita lakukan dengan mudah karena adanya internet. Berkat kehadiran internet pula berbagai macam inovasi pun tercipta salah satunya adalah kehadiran sebuah e-commerce. Namun apa itu e-commerce dan bagaimana cara e-commerce bekerja?

Apa Itu E-commerce?

E-commerce adalah sebuah tempat jual beli barang dan jasa serta pengiriman dana dan data melalui internet. Melalui platform e-commerce, Anda bisa menemukan berbagai jenis barang serta jasa layanan yang dibutuhkan dengan satu kali klik melalui smartphone. Tidak heran jika banyak pelaku usaha memanfaatkan kehadiran e-commerce ini sebagai cara untuk memasarkan produk dan jasa yang dijual agar menemukan konsumen yang tepat. Selain itu, di sini pelaku usaha dapat memasarkan produknya dengan biaya yang relatif lebih murah serta pemanfaatan waktu yang lebih efisien. 

Jenis-jenis E-commerce

Jika selama ini Anda memahami bahwa transaksi jual beli yang terjadi melalui e-commerce hanya antara penjual dan pembeli, nyatanya bisnis e-commerce terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu : 

  1. Business to business (B2B) - Pada bisnis ini sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen. 
  2. Business to consumer (B2C)- Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam ecommerce B2C hanya mengecer. Jika Anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk dalam golongan ini.
  3. Consumer to consumer (C2C) - Pada bisnis e-commerce jenis ini transaksi terjadi antara dua individu.
  4. Consumer to business (C2B) - Berkebalikan dengan B2C, ecommerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan.

Nah, itu dia beberapa jenis bisnis e-commerce yang diantaranya juga ada di Indonesia. Setiap tahunnya e-commerce di Indonesia semakin bertumbuh dengan beragam penawaran dan kampanye yang menarik. Anda dapat menentukan e-commerce mana yang disukai berdasarkan layanan yang ditawarkan hingga pelayanan yang diberikan.  

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter