1. Entrepreneur

Memahami Reach dalam Iklan, Ketahui Jangkauan Audiens Anda

Membahas pengertian reach, manfaatnya dalam periklanan, serta cara meningkatkannya

Sebelum memasang sebuah iklan, tentunya Anda sudah menetapkan tujuan terlebih dahulu, misalnya berapa target orang yang terpapar dengan iklan Anda. Baik iklan di Instagram, Facebook, website, atau channel manapun.

Tentunya masih banyak lagi indikator atau metrik yang menjadi target keberhasilan iklan Anda. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai reach. Simak hingga akhir, ya.

Pengertian Reach

Secara sederhana, reach merupakan metrik yang mengukur jumlah orang yang telah melihat iklan Anda.

Jika total reach suatu iklan adalah 100, maka artinya iklan tersebut telah dilihat oleh 100 orang. Bisa saja, satu orang melihat tayangan iklan yang sama lebih dari satu kali.

Walaupun seseorang telah melihat iklan sebanyak lima kali, misalnya, reach hanya mengukur berapa banyak orang yang telah melihat dan bukan berapa kali iklan telah tayang.

Manfaat Reach dalam Periklanan

Setelah memahami pengertian reach, selanjutnya Anda akan mengetahui manfaat reach dalam periklanan.

Telah Anda ketahui bahwa reach merujuk pada total jangkauan audiens, sehingga dengan mengetahui total reach iklan Anda, Anda akan mengetahui berapa banyak orang yang telah terpapar dengan informasi pada iklan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengukur keberhasilan dari iklan serta strategi marketing yang Anda terapkan. Apakah iklan telah berhasil menjangkau target audiens? Apakah iklan telah diketahui masyarakat luas? Nah, dengan mengetahui reach iklan, akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Selain itu, reach juga dapat menunjukkan tingkat brand awareness atau kesadaran merek. Mengapa? Tentu saja karena semakin tinggi angka pada metrik reach, artinya semakin banyak audiens yang sadar akan keberadaan merek yang Anda iklankan.

Tips Meningkatkan Reach

Semakin tinggi total reach suatu iklan, maka artinya semakin baik performa iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda pasti ingin mendapat angka reach yang tinggi, bukan?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Sesuaikan iklan dengan target audiens

Pertama-tama, kenali target audiens Anda. Kemudian, buat iklan yang sesuai dengan preferensi target audiens. Tentunya sangat berbeda antara iklan produk susu untuk lansia dan susu untuk balita, baik pesan yang disampaikan, gaya, hingga visual harus relevan dengan target audiens.

  • Berikan hashtag yang relevan

Selain konten iklan yang relevan, Anda juga bisa mencoba menggunakan hashtag alias tagar. Dengan menggunakan tagar bisa menambah peluang iklan Anda untuk dilihat orang banyak. Namun, perlu diingat bahwa tagar yang digunakan juga harus relevan dengan iklan, ya!

  • Gunakan berbagai channel

Jika menggunakan satu channel, Anda hanya akan mendapatkan audiens dari satu channel saja. Memperbanyak penggunaan channel akan memperluas jangkauan audiens.

Semakin banyak channel yang Anda gunakan, maka akan semakin besar kemungkinan orang untuk melihat iklan Anda. Tips ini sangat direkomendasikan bila Anda memiliki budget lebih, karena sangat efektif untuk menambah jumlah reach.

  • Lakukan kolaborasi

Tips terakhir ini pada prinsipnya mirip dengan tips sebelumnya. Melakukan kolaborasi dengan komunitas, organisasi, media, atau influencer/Key Opinion Leader (KOL) akan memperluas jangkauan audiens Anda.

Bila ada pihak lain yang turut menyebarluaskan atau mengunggah iklan Anda, maka audiens yang mereka miliki akan melihat iklan tersebut. Terlebih bila Anda berkolaborasi dengan pihak yang memiliki audiens besar, tentunya akan sangat menguntungkan dan berdampak positif pada jumlah reach iklan Anda.

Bagaimana, menarik bukan? Sekarang Anda telah memahami reach beserta beberapa tips untuk meningkatkannya. Dengan memahami berbagai metrik periklanan dan digital marketing, akan membantu Anda dalam merumuskan strategi terbaik dalam mewujudkan tujuan perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again