8 February 2018

by Bambang Winarso

Membaca Dokumen PDF di Mobile Jadi Lebih Mudah dengan 5 Aplikasi Ini

Kumpulan aplikasi pembaca PDF untuk Android yang tersedia secara cuma-cuma

Karena fungsinya yang semakin luas, smartphone kini makin sering digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan email, dokumen dan bahkan tanda tangan digital. Untuk bisa melakukan berbagai pekerjaan, smartphone butuh dukungan aplikasi, salah satunya aplikasi PDF reader yang kebanyakan menawarkan juga fungsi mengubah dokumen ke format lainnya.

Jika kebingunan, berikut adalah beberapa aplikasi PDF untuk Android yang paling populer dan lengkap.

Adobe Acrobat Reader

Di daftar pertama, sepertinya kita tak boleh melupakan rajanya PDF, Adobe yang juga hadir di Android. Aplikasi Adobe Acrobat Reader dapat digunakan di mayoritas smartphone Android. 500 juta pengguna Android sudah menggunakannya sampai sekarang, belum lagi di platform iOS dan PC. Tak heran, Adobe memang telah lama menjadi spesialis PDF dan flash.

Application Information Will Show Up Here

 

WPS Office

Tapi, jika Anda mencari yang lebih dari sekadar membuka dokumen PDF, maka Anda wajib mencoba WPS Office yang juga bisa digunakan untuk membuka dokumen jenis lainnya, seperti Word, Excell, dan PowerPoint. Tapi, untuk ukuran filenya, WPS Office relatif lebih besar dibanding kebanyakan aplikasi PDF untuk Android.

Application Information Will Show Up Here

 

Google PDF Viewer

Nama besar Google juga ikut bermain di aplikasi jenis ini. Tapi soal kelengkapan, Google PDF Viewer masih kalah dari WPS Office. Aplikasi ini hanya menawarkan fungsionalitas standar seperti membuka dokumen, mencetak, membagikan dan menyalin.

Application Information Will Show Up Here

 

Foxit PDF Reader & Converter

Seperti versi desktop-nya, Foxit di Android ini juga menawarkan fungsi yang lebih. Selain mampu membuka dokumen, Foxit juga menyediakan fitur untuk mengonversi dari PDF ke Word, gambar dan teks, atau sebaliknya. Di aplikasi ini Anda juga bisa melakukan banyak hal termasuk membubuhkan tanda tangan digital atau membuat dokumen PDF dari nol.

Application Information Will Show Up Here

 

Xodo PDF Reader

Selain sebagai pembaca dokumen PDF, Xodo juga menawarkan fitur yang luas, memanjakan pengguna yang ingin melakukan lebih. Beberapa fitur yang mungkin dijumpai, membuat dokumen baru, mengedit, mengisi formulir, kelola file yang baik dan integrasi ke layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox dan OneDrive.

Xodo juga menawarkan versi web yang bisa diakses di web resminya: xodo.com.

Application Information Will Show Up Here