Categories

Gadget

Membandingkan Fitur-Fitur Unggulan OPPO Reno6 dan Reno5

Dibandingkan Reno5, Reno6 menawarkan penyempurnaan dari segi kamera, performa gaming, dan desain

Glenn Kaonang - 15 July 2021

Malam ini, OPPO Reno6 bakal resmi mendarat di tanah air. Spesifikasi lengkapnya sudah dibocorkan secara merinci, dan yang belum hanyalah banderol harganya saja.

Selagi menanti informasi harganya diumumkan pada acara peluncuran virtualnya, ada baiknya kita meninjau kembali apa yang membuat smartphone ini lebih unggul daripada pendahulunya. Berikut adalah ringkasan perbandingan antara OPPO Reno6 dan Reno5.

Bokeh Flare Video Portrait

Kita mulai dari yang paling menarik, sekaligus yang sepenuhnya baru pada Reno6, yakni fitur Bokeh Flare Video Portrait. Fitur berbasis kecerdasan buatan ini memungkinkan pengguna Reno6 untuk merekam video dengan efek bokeh yang sinematik, mirip seperti yang dihasilkan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa aperture besar.

Fitur ini bisa digunakan baik di kamera belakang maupun kamera depan, dan efeknya bakal terlihat lebih memukau apabila video diambil pada malam hari di lokasi yang memiliki banyak sumber pencahayaan. Semua pemrosesannya dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10 milidetik saja, dan itu memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjaunya secara real-time.

Sebelumnya, Reno5 menawarkan fitur dengan cara kerja serupa bernama Night Flare Portrait, akan tetapi fitur tersebut cuma berlaku untuk pengambilan foto saja. Di Reno6, algoritmanya telah disempurnakan agar juga dapat diaplikasikan pada pengambilan video.

Quick Startup

Fitur yang satu ini dikhususkan bagi mereka yang memprioritaskan aspek gaming. Sesuai namanya, Quick Startup memungkinkan Reno6 untuk memuat game secara lebih cepat dari biasanya. Caranya adalah dengan mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan, dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Jadi ketika pengguna kembali membuka game tersebut, secara otomatis Reno6 akan mengambil jalan pintas untuk langsung masuk ke halaman beranda game dengan satu kali klik.

Berdasarkan data dari OPPO Lab, waktu pemuatan game bisa ditingkatkan hingga 24 detik. Namun angkanya bisa berbeda-beda tergantung setiap game. Untuk game PUBGM misalnya, Quick Startup mampu memangkas waktu pemuatan dari 25,5 detik menjadi 0,8 detik. Untuk game Free Fire, waktu pemuatannya cuma tersisa 0,75 detik dari 13,95 detik berkat fitur ini.

Reno Glow

Teknologi warna eksklusif Reno Glow sudah menjadi salah satu ciri khas seri Reno. Inovasi ini memungkinkan perangkat untuk menampilkan efek kilauan halus, tapi di saat yang sama juga bebas sidik jari berkat tekstur permukaan yang bersifat matte. Pada Reno6, fitur Reno Glow sudah tersedia untuk kedua varian warna sekaligus: Aurora dan Stellar Black.

Bukan cuma itu, efek Reno Glow pada Reno6 juga telah disempurnakan. Pada varian warna Aurora misalnya, OPPO menyematkan total lima lapisan spektrum berlian, atau dua lapisan lebih banyak dibanding suksesornya. Penambahan ini mampu menghasilkan sekitar 1 juta kombinasi warna, jauh lebih banyak ketimbang 10.000 warna yang dihasilkan oleh Reno5.

Spesifikasi mumpuni dalam desain ergonomis

Seperti halnya Reno5, Reno6 turut mengandalkan perpaduan spesifikasi yang mumpuni dan desain yang ergonomis. Penyempurnaan teknik Reno Glow tadi bisa dicapai tanpa mengorbankan dimensi ringkasnya. Reno6 memiliki tebal 7,8 mm, sama persis seperti Reno5. Yang berbeda cuma beratnya, yang naik dari 171 gram menjadi 173 gram.

Kinerjanya pun pasti bisa diandalkan berkat pemakaian chipset Qualcomm Snapdragon 720G, lengkap beserta RAM LPDDR4X 8 GB dan penyimpanan internal UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Storage-nya ini bisa diperluas lagi dengan bantuan kartu microSD, dan RAM-nya pun juga dapat ditambah berkat kehadiran fitur RAM expansion. Agar performanya bisa konsisten, OPPO tak lupa menyematkan teknologi multi-cooling system.

Reno6 mengemas layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 90 Hz, dan touch sampling rate 180 Hz. Sensor sidik jarinya tertanam di balik layar, dan lubang di ujung kiri atas layarnya dihuni oleh kamera 44 megapixel. Beralih ke belakang, pengguna bakal menjumpai kamera utama 64 megapixel f/1.7, kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera macro 2 megapixel, dan kamera monokrom 2 megapixel.

Reno6 yang menjalankan sistem operasi ColorOS 11.1 ini dibekali baterai sebesar 4.310 mAh. Perangkat mendukung fast charging dengan output maksimum 50W, sehingga pengisian dari 0-100% hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja.

Semoga saja dengan semua perubahan yang dihadirkan Reno6, OPPO masih bisa mempertahankan harga pendahulunya yang sangat kompetitif. Buat yang penasaran, Anda bisa mengikuti acara peluncurannya langsung di akun media sosial resmi OPPO Indonesia, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter pada pukul 19.00 WIB nanti.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter