Categories

Gadget

Membuat Konten Video Secara Konsisten dari Layar OPPO Reno6

Memanfaatkan fitur screen recording dan fasilitas edit video Soloop

Lukman Azis - 6 October 2021

Bikin konten itu gampang-gampang susah. Gampang karena rata-rata kemampuan kamera smartphone terbaru kualitasnya cukup bagus, bahkan kita bisa membuat konten video dari layar smartphone. Susahnya ialah mengemas konten yang menarik secara konsisten.

Salah satu smartphone yang punya fasilitas lengkap untuk pembuatan konten kreatif ialah OPPO Reno6, sang pemenang penghargaan Gadget Champions 2021 untuk kategori Best for Content Creation. Kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai pemanfaatan fitur screen recording untuk membuat konten dari layar Reno6, tentunya bakal diedit pakai Soolop.

Membuat Konten dari Layar OPPO Reno6

Fitur screen recording dapat ditemukan di settings > convenience tools. Sebelum mulai perekaman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama dari segi suara, terdapat opsi record system sound dan record microphone sound. Jadi, Anda bisa langsung mengisi suara ke rekaman dan Anda juga bisa tampil dalam rekaman dengan mengaktifkan opsi front camera.

Kemudian untuk resolusi video, tersedia mulai dari low 480p 4Mbps, medium 720p 8Mbps, dan high 1080p dengan bitrate 16Mbps. Sementara untuk frame rate, tersedia pilihan dynamic yang direkomendasikan oleh sistem, 60fps, 30fps, 24fps, dan 15fps. Untuk video coding format, bila ingin file ukuran videonya lebih kecil bisa menggunakan H.265 atau pilih H.264 untuk kompatibilitas terbaik.

Mempertimbangkan bahwa Reno6 memiliki konfigurasi memori yang sangat lapang yakni RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Agar mendapatkan kualitas video yang optimal, maka jangan ragu memilih opsi resolusi video 1080p dan format H.264.

Setelah proses produksi, tugas penting selanjutnya kita serahkan ke Soloop - aplikasi edit video bawaan Reno6 yang kaya fitur dan mudah digunakan. Untuk alat dasarnya termasuk trim atau split untuk memotong video dan membuang bagian yang tidak diperlukan, menambahkan musik - Soloop telah menyediakan rangkaian musik yang bisa digunakan gratis, menambahkan teks untuk menyampaikan lebih informasi, serta menambahkan filter dan effect bila perlu.

Agar dapat menciptakan konten secara berkesinambungan, tema atau ide konten bisa disesuaikan dengan hobi atau passion. Karena belakangan ini saya suka mengamati pergerakan harga aset kripto, maka saya bisa membuat konten video analisis teknikal sambil mencari momentum untuk open posisi.

Setelah proses editing video selesai, klik generate untuk meng-export video. Berkat dapur pacu yang kencang (Snapdragon 720G), proses rendering-nya hanya butuh beberapa menit saja. Upload ke channel video Anda dan jangan lupa membagikannya ke platform media sosial.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter