1. Startup

Memetik Ilmu Karyawan untuk Para Founder Startup

Mulai dari mereka lebih pintar dari Anda, mengutamakan kepercayaan dan delegasi, hingga percaya pada perbedaan perspektif

Membangun tim itu menjadi hal yang penting untuk dilakukan, namun belajar dari tim itu adalah hal lain. Jika Anda meluangkan waktu untuk mendengarkan karyawan Anda, maka Anda akan tumbuh sebagai pribadi yang baik sebab kegiatan tersebut akan membantu dalam pengembangan bisnis.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut ilmu seperti apa yang bisa Anda pelajari sebagai founder dari karyawan Anda. Berikut rangkumannya:

1 Karyawan lebih pintar dari Anda

Karyawan telah mengajari Anda bahwa mereka lebih pintar dari jenis pekerjaan yang biasa ditangani, seharusnya memang demikian. Sebab hal ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan untuk merekrut talenta jadi lebih baik.

Anda dapat mengidentifikasi apakah seorang kandidat dapat mengajari Anda suatu ilmu yang baru dan bisa memberi nilai bagi perusahaan. Juga, membantu Anda menyadari bahwa Anda tidak mungkin bakal tidak acuh kepada karyawan yang benar-benar memberikan nilai lebih bagi perusahaan dengan memberikan peluang karir yang lebih.

2. Kepercayaan dan delegasi pekerjaan itu penting

Berbicara mengenai kepercayaan dalam tim itu cukup biasa, namun jadi tidak biasa ketika Anda ingin mendelegasikan tugas ke karyawan. Cukup sulit memang untuk membiarkan orang lain melakukan suatu pekerjaan dengan cara mereka. Anda bakal belajar untuk mempercayai kemampuan tim dan membiarkan mereka menyelesaikannya dengan caranya sendiri. Anda harus yakin bahwa ada banyak cara untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

3. Ketidaksepakatan bukan berarti selalu buruk

Seorang karyawan sejatinya tidak boleh takut untuk tidak setuju dengan atasan mereka. Jika Anda menerapkan ini dalam lingkungan kerja, maka Anda akan menemukan banyak hal yang berkesan ditawarkan oleh karyawan. Mereka jadi tidak takut mengemukakan pendapat yang berbeda. Bisa ditarik kesimpulan bahwa ketidaksepakatan bisa menjadi hal yang sehat dan benar-benar bisa membantu bisnis lebih berkembang.

4. Berbeda perspektif membuahkan inspirasi baru

Tidak jauh dari poin sebelumnya, saat Anda bekerja pasti selalu mencari cara baru untuk menyelesaikan tugas. Anda menyadari bahwa karyawan adalah sumber inspirasi terbaik karena mereka tidak berpikir seperti Anda. Namun, mereka harus menghadapi masalah yang sama.

Dengan berbagai perspektif yang mengarah pada satu titik pemecahan masalah, maka tim akan mendapatkan inspirasi baru. Membuahkan sebuah solusi yang dapat dipakai semua orang, pekerjaan pun jadi lebih cepat terselesaikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again