1. Startup

Memilih Desain Situs dan Aplikasi untuk Meningkatkan Pertumbuhan Startup

Membuat interaksi pengguna lebih nyaman dan memberikan informasi yang mudah dipahami

Tahukah Anda perhatian manusia terhadap sesuatu hanya berlangsung kurang lebih 8 detik saja, kemudian akan beralih kepada hal yang baru jika tidak menarik perhatian. Untuk itu menjadi penting bagi pelaku startup untuk memperhatikan tampilan situs hingga aplikasi yang mampu menyerap dengan cepat perhatian calon pengguna kemudian tertarik untuk menjelajahi lebih dalam hingga akhirnya membeli produk atau layanan yang startup Anda tawarkan.

Artikel berikut ini akan membahas 7 desain menarik yang bisa diterapkan oleh startup untuk situs dan aplikasi mobile perusahaan.

Integrasi

Gabungkan pesan pemasaran atau promosi yang jelas dan memberikan efek langsung dengan visual atau gambar yang menarik. Tonjolkan visual serta kalimat yang jelas di halaman muka situs Anda, misalnya jika startup Anda mencoba untuk menawarkan program donasi kepada orang yang membutuhkan dan berbasis teknologi, jangan terlalu banyak menggunakan visual yang terkesan rumit dan sarat dengan visual teknologi. Hal tersebut akan membingungkan pengunjung situs Anda yang ternyata tertarik untuk memberikan donasi. Tampilkan visual yang menggambarkan jenis donasi yang ingin startup berikan dengan visual orang atau kegiatan kemanusiaan yang jelas.

Manifestasi

Tampilkan profil perusahaan Anda dengan tulisan singkat yang jelas dan mudah dicerna dengan visual yang menarik dan dapat dilihat dengan baik. Dalam hal ini menjadi hal yang relevan misalnya startup Anda mencoba untuk menawarkan stok foto atau visual yang dibutuhkan untuk kepentingan content marketing, company profile dan lainnya. Idealnya buatlah tulisan yang singkat dengan warna tampilan yang lembut, intinya tulisan tentang layanan yang ingin ditawarkan harus terlihat dengan jelas, tanpa adanya gangguan dari visual yang dipilih.

Buat desain lebih engaging

Agar pengguna merasakan kemudahan dan tertarik untuk langsung memesan layanan atau produk yang Anda tawarkan, buatlah visualiasasi dilengkapi dengan tahap atau pilihan yang jelas. Dalam hal ini dicontohkan sebuah startup yang ingin menghadirkan layanan pemesanan layanan kecantikan di salon. Agar pengguna bisa langsung menikmati fitur di aplikasi, buatlah video demo dalam bentuk animasi yang berisikan cara mudah untuk melakukan pemesanan hingga pengaturan waktu yang diinginkan. Dengan demikian pengguna akan merasa memiliki kontrol sekaligus pilihan terhadap layanan yang ingin dinikmati di salon tersebut.

Olah dari materi yang telah dimiliki

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merubah tampilan situs atau aplikasi adalah dengan menggunakan logo atau warna yang sudah ada, yaitu dengan menonjolkan warna yang sebelumnya tidak terlalu terlihat, atau merubah desain logo menjadi sedikit lebih berbeda namun tidak keluar dari jalur yang ada. Dengan melakukan perubahan skala kecil tersebut ternyata mampu mebuat tampilan situs atau aplikasi mobile menjadi lebih segar dan tentunya berbeda.

Pilihan warna

Selain tagline yang menarik serta pilihan visual yang beragam, pemilihan warna dalam situs atau aplikasi juga bisa mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengunjungi situs atau mencoba aplikasi yang ada. Menurut CoSchedule sekitar 90% pada akhirnya orang tertarik untuk berlama-lama di situs atau aplikasi mobile adalah karena tertarik dengan warna yang ada. Sementara berdasarkan seorang praktisi pemasaran Neil Patel, sekitar wara mempengaruhi conversion rate hingga 85%. Untuk itu perhatikan pilihan warna di situs hingga aplikasi mobile startup Anda.

Visualisasi

Gambar yang menarik dan memiliki cerita sendiri merupakan hal yang cukup berpengaruh dalam tampilan situs atau aplikasi mobile. Untuk itu tentukan pilihan visual yang paling sesuai untuk produk atau layanan yang Anda miliki. Misalnya jika startup Anda bergerak dalam sistem perekrutan talenta atau HR, idealnya tampilkan visual orang dan hindari pemilihan warna yang terlalu muda atau foto yang terlalu ‘sibuk’. Intinya adalah, lakukan proses penyaringan dan pemilihan visual yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Pemilihan logo yang sesuai

Jika Anda telah menemukan logo yang sesuai untuk startup Anda, pastikan dilengkapi dengan visual atau tulisan yang mewakili layanan atau produk yang ditawarkan. Dalam hal ini jangan hanya menuliskan logo perusahaan namun sertai juga dengan visual yang menggambarkan dengan jelas layanan yang ingin Anda berikan. Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Changejar, berupa platform mobile untuk uang tunai yang dioptimalkan untuk pembayaran ritel. Dalam logo tersebut ditambahkan ikon mata uang sesuai dengan negara asal. Pilihan tersebut tentunya akan berguna ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan ekspansi ke negara lainnya dengan hanya mengganti ikon mata uang negara tersebut.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again