Categories

MARKETING

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Email Marketing Tools

Untuk mengoptimalkan hasil kegiatan marketing yang dilakukan lewat email

Guest Post - 9 August 2019

Salah satu pilihan saluran pemasaran yang saat ini banyak digunakan para pebisnis digital adalah email marketing. Banyak yang dapat dilakukan lewat email marketing. Kita dapat menjangkau audiens atau pengguna dengan menghadirkan informasi terbaru, menawarkan berbagai promosi, menyampaikan reminder atau pengingat akan acara tertentu, dan masih banyak lagi.

Dengan kepopulerannya yang semakin meningkat, maka banyak pula hadir penyedia layanan email marketing tools dengan menawarkan berbagai macam keunggulan fitur serta harga yang variatif pula. Namun dengan banyaknya email marketing tools yang tersedia, maka kita sebagai marketer perlu lebih selektif lagi ketika memilih tools tersebut agar sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki oleh perusahaan. Nah, lewat artikel kali ini kami sajikan 3 hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih email marketing tools.

1. Kemudahan penggunaan Email Marketing Tools

Banyak hal yang perlu dilakukan ketika mulai menjalankan email marketing. Mulai dari menyusun daftar kontak email, mengelompokkan kontak-kontak tersebut sesuai kategori, membuat desain dan layout tampilan email. Hal tersebut membuat saluran ini memang terasa cukup kompleks. Makanya, sebagai pengguna tentu Anda harus dapat memilih email marketing tools dengan sistem serta cara penggunaan yang sederhana dan mudah untuk digunakan, meski oleh orang awam sekalipun.

Dengan sistem yang sederhana, maka kegiatan marketing lewat email ini dapat segera kita lakukan tanpa menghabiskan waktu terlalu banyak hanya untuk mempelajari rumitnya cara kerja tools tersebut. Contoh fitur-fitur yang mempermudah kita antara lain adalah dapat mengimport daftar kontak secara langsung dari dokumen berformat .csv atau .xls, dan sebaliknya mengekspor daftar kontak  menjadi dokumen yang dapat kita gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, fitur drag-n-drop saat membuat desain layout tampilan teks dan gambar dalam email yang akan kita kirim juga menjadi salah satu fitur favorit. Hal ini sangat memudahkan kita sebagai email marketer karena tidak perlu berkutat dengan kode html yang rumit.

2. Kecepatan

Bukan hanya mudah digunakan, Anda perlu mempertimbangkan pula soal kecepatan dari email marketing tools yang akan dipilih. Tools yang memiliki banyak kendala dapat menghambat pekerjaan Anda, serta dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman email kepada penerima. Pilihlah tools yang memiliki kecepatan pengiriman email terbaik untuk memaksimalkan performa campaign Anda.

3. Kesesuaian harga dengan budget Email Marketing Tools

Selain fitur yang mudah digunakan dan kecepatan pengiriman email, harga tentunya menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika memilih email marketing tools yang akan kita gunakan. Sesuaikan harga yang ditawarkan oleh para penyedia layanan email marketing tools dengan budget yang dimiliki dan dialokasikan oleh perusahaan untuk hal tersebut.

Pemilihan harga ini bukan tentang murah atau mahalnya. Namun justru yang menjadi pertimbangan adalah kesesuaian antara harga yang harus dibayar dengan tersedianya fitur yang kita butuhkan. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dan biasanya menjadi pembeda antara paket-paket yang ditawarkan dalam sebuah email marketing tools, antara lain jumlah kontak yang dapat kita simpan, jumlah email yang dapat kita kirimkan dalam satu hari atau satu bulan, serta tersedianya fitur-fitur pelengkap seperti A/B testing, email automation, dan sebagainya.

Pilihlah email marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah kontak yang kita miliki. Perlu diingat bahwa harga mahal tak selalu lebih bagus, atau harga murah selalu sudah pasti buruk. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah memilih dan membandingkan beberapa email marketing tools, serta jika memungkinkan, cobalah sendiri dengan memanfaatkan layanan free trial atau demo yang tersedia.

Tiga hal tersebut merupakan aspek yang perlu diperhatikan ketika kita akan memilih sebuah email marketing tools yang baik bagi kegiatan marketing kita. Dengan memilih tools email marketing yang tepat tentu dapat membantu dan mempermudah pekerjaan seorang email marketing specialist dalam membuat konten yang tepat dengan tampilan yang menarik pula.

Selain itu, dengan memilih tools dengan harga yang sesuai tentunya dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengeluaran anggaran biaya perusahaan, sehingga dapat dialokasikan untuk kebutuhan perusahaan Anda yang lain.

Secara tidak langsung, tools yang tepat juga dapat meningkatkan kepercayaan para subscriber yang menerima email dari perusahaan kita. Sebab, tools email marketing yang bagus tentu dapat menyajikan email dengan tampilan yang baik dan terkirim dalam waktu yang tepat sesuai dengan yang kita jadwalkan. Hal ini dapat membuat informasi yang kita kirimkan dapat tersampaikan dengan baik kepada para subscriber.

Itulah beberapa tips memilih email marketing tools yang tepat sebelum mulai melakukan kegiatan marketing lewat email. Salah satu email marketing tools asal Indonesia yang dapat menjadi pertimbangan adalah MTarget yang menawarkan kemudahan penggunaan, harga cukup terjangkau, fitur Email Automation, serta kecepatan pengiriman 1000 email/detik.

Disclosure: Artikel tamu ini adalah hasil kerja sama DailySocial dengan layanan email marketing dan marketing automation MTARGET.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id