14 December 2016

by Oki Rosgani

Memiliki Daya Transfer Lebih Cepat, Bluetooth 5 Telah Dirilis untuk Semakin Mendukung IoT

Teknologi transmisi nirkabel versi teranyar ini juga menyediakan fungsionalitas yang signifikan untuk layanan connectionless seperti relevansi lokasi informasi dan navigasi

Perkembangan teknologi dan inovasi untuk perangkat Internet of Things atau IoT telah berjalan sangat pesat, hal ini pula yang mendorong hadirnya standar teknologi nirkabel terbaru yakni Bluetooth 5.

Teknologi Bluetooth 5.0 yang baru saja diperkenalkan oleh The Bluetooth Special Interest Group (SIG) memiliki jangkauan empat kali lebih jauh serta dua kali lebih cepat dibanding dengan versi sebelumnya, selain itu versi baru ini juga lebih stabil, lebih kuat dan lebih aman.

Lebih jauh mengenai kemampuan baru yang dimiliki teknologi transmisi nirkabel versi teranyar ini juga menyediakan fungsionalitas yang signifikan untuk layanan connectionless seperti relevansi lokasi informasi dan navigasi, sehingga ia mampu memberikan optimalisasi bagi perangkat yang memanfaatkan layanan berbasis lokasi.

Dengan penggunaan daya yang lebih kecil, Bluetooth 5 juga dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak memakan banyak resource. Bluetooth 5 juga mencakup pembaruan yang membantu mengurangi kemungkinan timbulnya gangguan teknologi nirkabel lainnya untuk memastikan perangkat Bluetooth dapat berjalan secara berdampingan dalam lingkungan IoT global yang semakin kompleks.

Seperti yang kami kutip dari rilis pers-nya, Mark Powell selaku Executive Director dari Bluetooth SIG menjelaskan bahwa bluetooth telah merevolusi bagaimana orang menggunakan IoT, dan versi terbaru akan mendorong lebih lagi agar konkesi dari perangkat IoT menjadi lebih reliabel. Selain itu juga akan mendorong pertumbuhan adopsi beacon yang pada akhirnya akan mengurahi hambatan dalam pengalaman menikmati IoT secara seamless. Teknologi ini akan memberikan dampak dan pengalaman yang sangat signifikan untuk pengembang, manufaktur dan juga konsumen.

Dari sumber yang sama juga disebutka bahwa ABI Research telah memprediksi bahwa pada tahun 2021 nanti akan ada sedikitnya 48 miliar perangkat IoT dimana sepertiga dari perangkat tersebut akan menggunakan fitur Bluetooth. Hadirnya Bluetooth 5 akan menciptakan peluang baru di pasar IoT. Teknologi nirkabel teranyar ini juga akan membantu mengurangi kompleksitas dan biaya serta memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi produsen dalam merancang aplikasi nantinya.

Produk yang memakai Bluetooth 5 diharapkan akan mulai dirilis dalam dua hingga enam bulan ke depan dan ini akan merevolusi manusia dalam memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi IoT.

Gambar Header: Bluetooth.com