Categories

Event

Mempelajari Strategi Mendapatkan dan Memanfaatkan “Smart Money"

"Smart money" tidak hanya soal pendanaan, tetapi juga tentang strategi, akses, dan keahlian investor

Amir Karimuddin - 19 October 2015

Ekosistem startup yang semakin mantap di Indonesia jelas terlihat dari gencarnya pendanaan yang dikantongi oleh startup-startup lokal. Penggalangan dana terlihat semakin mudah dilakukan, meskipun kenyataannya proses yang dilalui memakan perhatian yang menguras tenaga. Celakanya, para pendiri menganggap pendanaan merupakan pencapaian dari hasil perjuangan mereka. Tantangan untuk mengembangkan dan mempertahankan startup, setelah perolehan "smart money", justru cenderung semakin besar.

Smart money" menjadi salah satu isu yang layak untuk diperbincangkan dewasa ini. Seiring dengan meningkatnya tingkat kompetisi di industri ini, dana saja tidak cukup sebagai bekal para startup untuk melakukan penetrasi yang lebih dalam ke pasar. Untuk mencapai visi dan misi, stakeholder di industri sebaiknya berperan serta dalam berbagi insight menyajikan strategi partnership, expertise, dan akses dengan seluruh pemegang kepentingan.

“Kami mendukung ekosistem dan tiap startup itu sendiri. Oleh karena itu, penting sekali dalam fundraising untuk mencari ‘smart money' karena hal penting dalam fundraising bukan hanya dananya, tetapi tentang strategi, akses, dan keahlian dari investor,” ucap Program Manager & Investment Associate MDI Ventures William Gozali kepada DailySocial.

Mengantisipasi hal ini, MDI Ventures sebagai venture capital perpanjangan tangan Telkom Indonesia menggagas program Indigo batch kedua yang pendaftarannya telah dibuka. Indigo sendiri ialah serangkaian program yang mengakselerasi startup secara intensif melalui fasilitas kreatif dari sumberdaya yang dinaungi Telkom. Berhasil menetaskan startup-startup yang handal, termasuk tiga startup yang sudah memperoleh pendanaan sebelum menyelesaikan program, kini pihaknya mengharapkan batch kedua yang jauh lebih kompetitif.

Untuk memperkenalkan program ini, pihak penyelenggara turut mengundang penggiat startup untuk hadir di acara meetup dan diskusi yang bertajuk “Funding Your Startup: Show Me the (Smart) Money”. Turut hadir Co-Founder dan CMO Telunjuk Hanindia Narendrata, VP Business Development Ideosource Andrias Ekoyuono, Venture Partner MDI Nicko Widjaja, dan para stakeholder di industri ini.

Selain pengenalan dan pencarian talenta startup terbaik untuk mengikuti program Indigo, acara ini juga mengundang startup lulusan Indigo batch pertama yang akan berbagi tips dan trik menyelami industri ini.

Mereka yang berminat dapat mendaftarkan diri secara langsung melalui tautan berikut ini http://bit.ly/mdimeetup.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter