1. Startup

Mempertimbangkan Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar implementasi dapat berjalan efektif dan efisien

Kecerdasan buatan atau AI menjadi salah satu teknologi terkini yang digadang-gadang bisa bermanfaat bagi bisnis di berbagai lini. Kemampuannya mempelajari data dan menghasilkan wawasan hingga prediksi menjadi salah satu keuntungan yang diharapkan. Namun implementasi teknologi AI bukan perkara mudah. Tidak hanya soal hitung-hitungan biaya yang harus dipertimbangkan tetapi juga pemahaman terkait materi teknologi kecerdasan buatan lengkap. Berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan perusahaan sebelum mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan.

Melihat apa yang ingin dicapai dengan AI

Implementasi AI diprediksi bisa bermanfaat dan meningkatkan nilai-nilai di sektor sales, marketing, finance, human resource, customer service, dan lainnya. Untuk bisa mengarahkan AI tepat guna bisnis harus menentukan di sektor mana AI akan dimanfaatkan. Apakah di penjualan, analisis pasar atau lainnya. Dengan menetapkan fokus dan tujuan implementasi bisnis dapat mengembangkan sebuah rencana yang spesifik untuk teknologi AI. Manfaat paling cepat dari AI adalah efisiensi akan sangat besar. Ada data yang menunggu untuk dianalisis dan AI akan memandu bisnis untuk langkah selanjutnya.

Data apa yang berada di sistem

Data dan AI adalah dua buah paket lengkap yang bisa memberikan sesuatu yang positif bagi bisnis. Tentang wawasan dan bagaimana menghasilkan prediksi-prediksi terukur. Langkah yang selanjutnya adalah menyiapkan platform yang bisa lebih optimal, misalnya dengan menerapkan solusi cloud SaaS (Software as a Services). Dengan SaaS biaya penyimpanan dan pemrosesan bisa sedikit dikurangi. Setelahnya, mulai kenali data yang ada untuk bisa menetapkan fokus apa yang akan diambil dalam penerapan AI.

Kemampuan mengeksplorasi data bisnis dan memahami apa yang terjadi secara objektif

Data yang baik adalah data yang berasal dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan dan bersifat khusus atau telah disortir sebelumnya. Untuk itu, kemampuan mengeksplorasi data bisnis dan pemahaman objektif harus dimiliki oleh bisnis. Minimal untuk memastikan AI akan mengolah data yang berkualitas. Akan menjadi kerugian besar bila AI memproses data yang tidak berkualitas.

Memastikan dukungan teknologi yang digunakan

AI sama seperti pada umumnya teknologi, tidak akan memberikan dampak yang signifikan jika bisnis tidak menyiapkan teknologi yang mumpuni. Infrastruktur IT menjadi salah satu yang diperhatikan. Kecepatan akses data, besar kapasitas penyimpanan, dan kemampuan pemrosesan data menjadi beberapa di antara banyak aspek teknologi yang harus disiapkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again